UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MOCHAMMAD NOVIAN KUNCAHYO, 17201153226 (2019) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (458kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (111kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Mochamad NovianKuncahyo ,NIM 17201153226Pembimbing, Muhamad Zaini, MA Kata Kunci: Upaya Guru, Motivasi Belajar, Guru pendidikan agama Islam sangat berperan penting dalam mewujudkan akhlak mulia siswa dan berperandalam meningkatkan prestasi belajar, karena guru mempunyai tanggung jawab besar dalam proses belajar mengajar. Prestasi belajar pendidikan agama Islam salah satunya dapat ditingkatkan melalui peningkatan motivasi belajar. Motivasi dalam proses belajar mengajar memegang peranan yang sangat penting. Motivasi merupakan dorongan atau kemampuan untuk melakukan suatu kegiatan belajar agar tercapai tujuan yang diharapkan. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana dampak guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung?(3) Bagaimana hambatan upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara dalam melakukan kriteria keabsahan data, yaitu kredibilitas peneliti memilih ada 4 perpanjangan keikutsertaan, mningkatkan ketekunan/ keajegan pengamatan,triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung yaitu: pertama guru memberikan suasana yang menyenangkan, kedua memberikan metode dan model pembelajaran yang menarik dan bervariasi,ketigaguru memberikan reward atau penghargaan kepada siswa yang mampu menjawab pertanyaan atau mendapat nilai yang bagus,keempat guru memberikan hukuman, kelimaguru menjalin hubungan baik dengan orang tua siswa. (2) Dampak guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung yaitu, memotivasi guru PAI, memudahkan proses pembelajaran (3) Hambatan upaya guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Darul Falah Bendiljati Sumbergempol Tulungagung yaitu,pertama kurangnya minat pada mata pelajaran PAI, kedua Kurangnya fasilitas sekolah, Ketiga tingkat IQ atau kecerdasan yang rendah, dan keempat teman sebaya. memudahkan proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153226 MOCHAMMAD NOVIAN KUNCAHYO
Date Deposited: 01 Aug 2019 06:50
Last Modified: 01 Aug 2019 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12576

Actions (login required)

View Item View Item