PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ISLAMI SISWA DI MTs IMAM AL-GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018-2019

ILYAS MUHAJI, 17201153331 (2019) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ISLAMI SISWA DI MTs IMAM AL-GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018-2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (591kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (507kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ilyas Muhaji, NIM. 17201153331, ‘’Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung’’, Skripsi, Dosen Pembimbing: Saiful Bahri S,Ag Kata Kunci: Peran Guru, Perilaku Islami Tujuan penelitian adalah: Pertama, untuk mengetahui peran guru PAI sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku islami siswa di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. Kedua, mengetahui peran guru PAI sebagai model dan teladan dalam meningkatkan perilaku islami siswa MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. Ketiga, untuk mengetahui peran guru PAI sebagai evaluasi dalam meningkatkan perilaku islami siswa MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. Pendekatan: Penelitian kualitatif. Jenis penelitian: deskriptif. Lokasi penelitian MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung. Data: Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Perilaku Islami. Sumber data: Guru PAI, kepala sekolah, waka kurikulum dan siswa. Teknik pengumpulan data: wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data: reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan: keterpercayaan, keteralihan, ketergantungan dan kepastian. Tahap-tahap penelitian: tahap perencanaan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan perilaku islami siswa di MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung yaitu dengan selalu membimbing dan membentuk karakter siswa untuk berperilaku islami pada kehidupan sehari-hari melalui kebiasaan, kedisiplinan, adanya program 10 budaya malu dan 5S(salam, senyum, sapa dan sopan santun). Selain itu fasilitas keagamaan seperti musholla digunakan untuk kegiatan beribadah seperti sholat berjama’ah, qultum, membaca al-qur’an dan lain sebagainya. Kedua, peran guru sebagai model dan teladan dalam meningkatkan perilaku islami siswa di MTs Imam Al-Ghpzali Pnjerejo Rejotangan Tulungagung sebagai berikut: berusaha memberikan contoh yang baik bagi siswa agar para siswa memberikan feed back yang baik, memberikan contoh pada saat mengajar yaitu mengucapkan salam terlebih dahulu, membaca al-qur’an dan berdo’a secara bersama sama. Ketiga, peranan guru PAI sebagai evaluasi dalam meningkatkan perilaku islami siswa MTs Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung yaitu dengan memberikan evaluasi secara menyeluruh. Karena evaluasi tidak hanya membahas aspek kognitif saja, akan tetapi juga membahas aspek afektif dan psikomotorik yaitu tingkah laku. Dalam hal ini guru juga ikut serta dalam memberikan evaluasi terhadap perilaku siswa. Jika perilaku siswa mencerminkan perilaku yang melanggar darisyariat islam maka sudah seharusnya guru untuk membina dan mengarahkan siswa untuk berperilaku yang islami.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153331 ILYAS MUHAJI
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:06
Last Modified: 01 Aug 2019 04:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12578

Actions (login required)

View Item View Item