MUHAMAD ARIF MUSTOFA, 1721143266 (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MADRASAH ALIYAH ASWAJA NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (57kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter siswa Di MA Aswaja Ngunut Tulungagung.” ini ditulis oleh Muhamad Arif Mustofa, NIM. 1721143266, pembimbing Germino Wahyu Broto, M.Si. NIP. 19800301 201403 1 001 Kata Kunci: Peran guru, Karakter Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kecenderungan siswa yang mempunyai sikap “anti sosial” ditandai dengan sering membolos, diskors dari sekolah dan lain sebagainya, itu dikarenakan tidak pernah menghiraukan dan mendengarkan saran maupun nasehat dari guru. Maka hal itu sangat diperlukan adanya perhatian orang tua dan lembaga pedidikan apabila di sekolah, karena apabila dibiarkan akan merugikan berbagai pihak. Bagi lingkungan sekolah akan menghambat proses pembelajaran serta akan mengganggu atau menghambat proses pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini difokuskan pada tiga fokus masalah, yaitu: (1) Bagaimanan peran guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter di MA Aswaja Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana karakter peserta didik di MA Aswaja Ngunut Tulungagung? (3 Bagaimana faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter di MA Aswaja Ngunut Tulungagung ?. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter Siswa, (2) Untuk mengetahui karakter Siswa di MA Aswaja Ngunut Tulungagung, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa di Aswaja Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperoleh berupa kata-kata dan tindakan, yang kemudian berusaha dideskripsikan dan diinterpretasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi partisipan pasif dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan kriteria derajat kepercayaan, antara lain dilakukan dengan memperpanjang pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu: Pertama, peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter Siswa yaitu sebagai fasilitator, sebagai motifator dan sebagai inovator. Kedua, karakter peserta didik di MA Aswaja Ngunut Tulungagung yaitu ada karakter religius, disiplin dan peduli sosial. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa yaitu terdiri dari faktor intern dan faktor eksteren diantaranya faktor interen berasal dari siswanya sendiri yaitu kesadaran dari siswanya akan pentingnya berkarakter sesuai ajaran islam sedangkan faaktor enkternalnya berasal dari lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143266 Muhamad Arif Mustofa |
Date Deposited: | 07 Aug 2019 07:42 |
Last Modified: | 08 Apr 2020 04:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12716 |
Actions (login required)
View Item |