FITRA NUR AZIZAH, 17201153273 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA DI MTS MA’ARIF NU GANDUSARI BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (706kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (384kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (531kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (198kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (300kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Aqidah Akhak Siswa di MTs Ma’arif NU Gandusari Blitar” ini ditulis oleh Fitra Nur Azizah, NIM 17201153273, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Munardji, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar Penelitian ini yaitu penelitian yang dilatar belakangi karena sangat banyaknya guru dan guru pemula yang masih belum bisa atau belum mengerti strategi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa terutama pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Guru seharusnya mempunyai banyak cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa agar siswa mempunyai minat untuk lebih semangat dan bergairah dalam belajar. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar aqidah akhlak siswa melalui pemberian nilai dan hadiah di MTs Ma’arif NU Gandusari Blitar ? 2). Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar aqidah akhlak siswa melalui pemberian pujian dan tugas dan di MTs Ma’arif NU Gandusari Blitar ? 3). Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar aqidah akhlak siswa melalui pemberian ulangan dan hukuman di MTs Ma’arif NU Gandusari Blitar ? Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar aqidah akhlak siswa melalui pemberian nilai dan hadiah, pujian dan tugas, ulangan dan hukuman di MTs Ma’arif NU Gandusari Blitar. Skripsi ini bermanfaat bagi Guru MTs Ma’arif NU Gandusari Blitar sebagai sumbangan pemikiran tambahan dalam meningkatkan motivasi belajar aqidah akhlak siswa dan bagi Madrasah Tsanawiyah Ma’arif NU Gandusari Blitar untuk bahan kajian untuk memberikan solusi agar masalah dalam meningkatkan minat belajar dapat diatasi. Untuk para pembaca / peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup memberikan ide dan masukan yang berarti untuk peneliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sember data dari informan dan data sekolah. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipan, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya yaitu : (1). a). Strategi pemberian angka di MTs Ma’arif NU Gandusari Blitar yaitu dengan ketentuan siswa harus aktif sehingga dapat menjawab dan menerima materi dari guru. Dan untuk mengambil nilai guru menggunakan nilai keaktifan siswa, hasil mengerjakan tugas, hasil ulangan harian dan juga nilai dari tata krama siswa dalam kelas. b). Strategi pemberian hadiah di MTs Ma’arif NU Gandusari Blitar dengan ketentuan bahwa anak yang mendapatkan hadiah yaitu anak yang rajin mengerjakan PR, anak yang mendapatkan nilai terbaik dalam ujian harian dan anak yang aktif dalam proses belajar dalam kelas serta anak yang mendapatkan rangking tiga besar. 2). a. Strategi pemberian pujian di MTs Ma’arif NU Gandusari Blitar dapat diterapkan kepada semua anak didik karena agar semua siswa sama-sama merasakan efek dari pujian yaitu efek kasih sayang dari guru yang tidak terkesan pilih kasih hanya diberikan kepada anak yang aktif, pintar dan berprestasi saja. Dan pemberian pujian bisa diberikan kepada anak yang mengerjakan tugasdengan baik. b). Strategi pemberian tugas di MTs Ma’arif NU Gandusari Blitar akan membantu siswa untuk semangat mempelajari materi sehingga bisa mengerjakan tugas dengan baik. Tugas yang diberikan berupa soal teks, merangkum materi yang telah disampaikan guru dengan tujuan memperkuat ingatan siswa, membuat kliping dan tugas membuat rantai ilmu serta bisa menjelaskan kembali rantai ilmu yang mereka buat. 3). a. Strategi pemberian ulangan efektif diterapkan kepada siswa karena akan lebih memperhatikan penyampaian materi dari guru dan sungguh-sungguh dalam mengikuti pelajaran. Ulangan biasanya dengan soal yang berjenis tes tulis, test lisan dan test praktik. b). Strategi pemberian hukuman di MTs Ma’arif NU Gandusari Blitar bertujuan agar siswa tidak semena-mena dengan perilakunya disekolah serta anak bisa lebih tertib dan bertanggung jawab dengan perilakunya. Hukuman yang diberikan yaitu anak yang telat masuk sekolah bisa diberikan hukuman membaca ayat Al-Qur’an beberapa juz, untuk anak yang tidak mengikuti kegiatan rutinan membaca yasiin dihukum dengan membaca yasiin tiga kali dan untuk anak yang telat atau tidak mengikuti sholat berjamaah diberikan hukuman dengan melaksanakan sholat sunnah dan membersihkan mushola.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153273 FITRA NUR AZIZAH |
Date Deposited: | 05 Aug 2019 03:46 |
Last Modified: | 05 Aug 2019 03:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12726 |
Actions (login required)
View Item |