CAHYANING KARTIKA KUSUMASARI, 17204153183 (2019) SCAFFOLDING KESULITAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI ALJABAR KELAS VII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (143kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (130kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (44kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Scaffolding Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi Aljabar Kelas VII SMPN 1 Sumbergempo Tulungagung” ini ditulis oleh Cahyaning Kartika Kusumasari, NIM. 17204153183, Jurusan Tadris Matematika IAIN Tulungagung, dengan dosen pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Scaffolding, Kesulitan, Pemecahan Masalah, Materi Aljabar Kesulitan merupakan suatu kondisi yang memperlihatkan kesalahan kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika. Aljabar merupakan salah satu materi yang ada di dalam mata pelajaran matematika pada jenjang SMP. Dalam pemecahan masalah pada materi aljabar masih mengalami kesalahan-kesalahan seperti kesalahan tanda dalam pengoperasian, pengoperasian bentuk aljabar, penyelesaian dan penarikan kesimpulan. Sebagai upaya mengatasinya harus mengetahui kesulitan yang dialami oleh siswa. Untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh siswa, guru dapat memberikan berupa bantuan dalam pemecahan masalah. Bantuan tersebut dapat disebut dengan istilah scaffolding. Scaffolding yang diberikan dapat berupa petunjuk, dorongan, peringatan, dan menguraikan masalah ke dalam langkah-langkah pemecahan atau memberikan contoh. Dalam hal ini, peneliti menindaklanjuti melalui kegiatan penelitian. Sebagaimana untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa dan bentuk scaffolding yang tepat dalam membantu mengatasi kesulitan yang dialami oleh siswa kelas VII pada materi aljabar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kesulitan siswa dalam pemecahan masalah soal aljabar kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung, (2) Untuk mengetahui bentuk scaffolding yang diberikan kepada siswa dalam pemecahan masalah aljabar kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kelas VII B SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung dengan 4 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah (1) Kesulitan yang ditemukan dalam pemecahan masalah pada metri aljabar kelas VII SMPN 1 Sumbergempol yakni pengopersian tanda, pengoperasi bentuk aljabar, pemahaman penyelesaian dan penarikan kesimpulan. Hal ini terlihat pada jawaban yang diberikan bahwa subjek masih belum menguasai materi aljabar dalam pemecahan masalah yang diberikan. (2) Bentuk scaffolding siswa dengan kesulitan yang dialami oleh subjek yaitu explaining, reviewing, restructuring dan developing conceptual thinking.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153183 CAHYANING KARTIKA KUSUMASARI |
Date Deposited: | 30 Aug 2019 03:20 |
Last Modified: | 30 Aug 2019 03:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12761 |
Actions (login required)
View Item |