ANINDIA EKA PRAMESTI, 17204153025 (2019) DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 KARANGREJO DALAM MENYELESAIKAN MASALAH LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS DAN BALOK BERDASARKAN TEORI VAN HIELE. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (845kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (685kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (147kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Karangrejo dalam Menyelesaikan Masalah Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok Berdasarkan Teori Van Hiele” ini ditulis oleh Anindia Eka Pramesti, NIM. 17204153025, pembimbing Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Disposisi Matematis, Teori Van Hiele Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu ranah yang harus dikembangkan dalam belajar yaitu ranah afektif (sikap). Sikap yang dimaksud dalam penelitian ini adalah sikap atau perilaku siswa dalam merespon segala sesuatu yang muncul dalam pembelajaran atau disebut dengan disposisi matematis. Disposisi matematis dalam konteks pembelajaran yang diambil peneliti adalah disposisi matematis dalam menyelesaikan masalah. Dalam hal ini, perlu adanya penelitian yang menganalisis disposisi matematis siswa kelas VIII di SMPN 1 Karangrejo dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi luas permukaan dan volume kubus dan balok. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan disposisi matematis siswa dengan level berpikir analisis dalam menyelesaikan masalah luas permukaan dan volume kubus dan balok. (2) Mendeskripsikan disposisi matematis siswa dengan level berpikir deduksi informal dalam menyelesaikan masalah luas permukaan dan volume kubus dan balok. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah soal tes yang sesuai dengan level berpikir Van Hiele serta pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian yang diambil ada tiga yaitu dua subjek dengan level berpikir analisis dan satu subjek dengan level berpikir deduksi informal. Hasil penelitian menunjukkan (1) Siswa dengan level berpikir analisis, mampu memenuhi lima indikator disposisi matematis dari enam indikator disposisi matematis (rasa percaya diri, rasa diri mampu, rasa ingin tahu, rajin dan tekun, fleksibel dan reflektif). Subjek dengan level berpikir analisis yang pertama mampu memenuhi lima indikator disposisi matematis diantaranya rasa diri mampu, rasa ingin tahu, rajin dan tekun, fleksibel dan reflektif. Sedangkan subjek dengan level analisis yang kedua mampu memenuhi lima indikator disposisi matematis diantaranya rasa percaya diri, rasa ingin tahu, rajin dan tekun, fleksibel dan reflektif. (2) Siswa dengan level berpikir deduksi informal mampu memenuhi semua indikator disposisi matematis. Semua indikator disposisi matematis yaitu rasa percaya diri, rasa diri mampu, rasa ingin tahu, rajin dan tekun, fleksibel dan reflektif, muncul pada siswa dengan level berpikir deduksi informal saat ia menyelesaikan masalah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153025 ANINDIA EKA PRAMESTI |
Date Deposited: | 13 Aug 2019 06:51 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 06:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12932 |
Actions (login required)
View Item |