DANU NUR RISZKI, 17204153003 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSMAAN LINIER TIGA VARIABEL KELAS X SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (219kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perbedaan kemampuan representasi siswa. Kemampuan representasi matematis siswa dalam bentuk gambar terlihat banyak siswa belum mampu mengubah simbol matematis kedalam bentuk gambar, untuk kemampuan representasi simbol terlihat sebagian siswa sudah mampu menggunakan representatif simbol, kesalahan siswa pada umumnya terlihat pada saat mengubah permasalahan kedalam model matematika dan untuk kemampuan representasi verbal sebagian siswa sudah mampu menggunakan represetasi verbal meskipun beberapa diantaranya masih belum bisa menyampaikan ide matematisnya dengan bahasa sendiri. Peneliti mengambil subyek penelitian dengan mempertimbangkan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematiak kelas X SMA Negeri 1 Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1)Bagaimanakah kemampuan representasi matematis siswa secara umum pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel ? (2)Bagaimanakah kemampuan representasi matematis siswa pada indikator representasi gambar (Pictorial Representation)? (3)Bagaimanakah kemampuan representasi matematis siswa pada indikator representasi simbol (Symbolic Representation)? (4)Bagaimanakah kemampuan representasi matematis siswa pada indikator representasi verbal (Verbal Representation)? (5)Bagaimanakah kesalahan-kesalahan siswa pada hasil tes kemampuan representasi matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear tiga Variabel? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk kemampuan representasi gambar, simbol, verbal siswa secara umum dan kesalahan-kesalahan siswa mengerjakan soal pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel kelas X SMA Negeri 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, karena pada skripsi ini peneliti berusaha mendeskripsikan kemampuan representasi gambar, simbol, verbal siswa secara umum dan kesalahan-kesalahan siswa mengerjakan soal matematika. Subyek dalam penelitian ini 4 siswa yang terdiri dari 4 siswa perempuan yang kemudian diteliti untuk mengetahui kemampuan representasi gambar, simbol, verbal siswa secara umum dan kesalahan-kesalahan siswa mengerjakan soal matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Tes dan wawancara digunakan untuk melihat kemampuan representasi gambar, simbol, verbal siswa secara umum dan kesalahan-kesalahan siswa mengerjakan soal matematika. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1)Kemampuan representasi matematis siswa secara umum pada materi sistem persamaan linear tiga variabel rendah. 2)Kemampuan representasi matematis siswa pada indikator representasi gambar (pictorial representation) pada materi sistem persamaan linear tiga variabel tergolong sangat rendah 3)Kemampuan representasi matematis siswa pada indikator representasi simbol (symbolic representation) pada materi sistem persamaan linear tiga variabel tergolong rendah 4)Kemampuan representasi matematis siswa pada indikator representasi verbal (verbal representation) pada materi sistem persamaan linear tiga variabel tergolong sangat rendah 5)Kesalahan-kesalahan siswa pada hasil tes kemampuan representasi matematis siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel tergolong tinggi. Hal tersebut terjadi karena penyelesaian soal keempat siswa belum memberikan hasil jawaban representasi yang sesuai dengan yang diinginkan. Dalam presentase indicator dua indicator tergolong sangat rendah dan satu indikator tergolong rendah. Presentase tertinggi dicapai keempat siswa adalah representasi simbolik
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153003 Dani Nur Riszki |
Date Deposited: | 19 Aug 2019 03:35 |
Last Modified: | 29 Mar 2020 12:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12976 |
Actions (login required)
View Item |