PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERTIPE PISA PADA SISWA KELAS X MIPA SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG

DINA FARIDATUL NGAZIZAH, 17204153216 (2019) PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERTIPE PISA PADA SISWA KELAS X MIPA SMAN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe PISA pada Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Rejotangan Tahun Pelajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Dina Faridatul Ngazizah, NIM. 17204153216, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Tadris Matematika (TMT), Institut Agama Islma Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal Matematika Bertipe PISA. Dalam suatu pemecahan masalah yang kontekstual termasuk soal model PISA, siswa membutuhkan keterampilan memahami masalah, melakukan analisis dan perhitungan, serta kemampuan bernalar dan berabstraksi. Kecerdasan logis matematis melibatkan komponen perhitungan secara matematis, berpikir logis, nalar, pemecahan masalah, pertimbangan deduktif, dan ketajaman hubungan antara pola-pola numerik. Dalam hal ini seseorang pada umumnya membutuhkan kecerdasan yang berhubungan dengan kemampuan analitis dan berpikir logis atau yang dikenal dengan kecerdasan logis matematis. Dengan demikian, kecerdasan logis matematis memiliki kaitan erat dengan pemecahan suatu masalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika bertipe PISA pada siswa kelas X MIPA SMAN 1 Rejotangan tahun pelajaran 2018/2019, (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika bertipe PISA pada siswa kelas X MIPA SMAN 1 Rejotangan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian korelasional adalah penelitian yang ditujukan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan variabel-variabel lain. Populasinya berjumlah 149 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini peneliti mengambil kelas X MIPA-2 SMAN 1 Rejotangan tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika bertipe PISA pada siswa kelas X MIPA SMAN 1 Rejotangan tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis regresi diperoleh nilai F_hitung=28,231. Apabila dikonsultasikan pada F_tabel dengan db 1 dan 26 diperoleh F_tabel (5%) = 4,22, maka F_hitung>F_tabel dan besarnya signifikansi adalah 0,000<0,05, sehingga disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan menyelesaikan soal matematika bertipe PISA pada siswa kelas X MIPA SMAN 1 Rejotangan tahun pelajaran 2018/2019 pada taraf signifikasi 5%. (2) Besarnya pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika bertipe PISA pada siswa kelas X MIPA SMAN 1 Rejotangan tahun pelajaran 2018/2019 adalah 52,1% dan untuk sisanya 47,9% dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153216 DINA FARIDATUL NGAZIZAH
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:01
Last Modified: 20 Aug 2019 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13075

Actions (login required)

View Item View Item