PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBASIS GUIDED NOTE TAKING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MTSN 6 TULUNGAGUNG

KHOIRUN NISAK, 17204153192 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBASIS GUIDED NOTE TAKING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MTSN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (789kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (375kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (633kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (381kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbasis Guided Note Taking Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa di MTsN 6 Tulungagung” ditulis oleh Khoirun Nisak, NIM. 17204153192, dibimbing oleh Dr. Muniri, M. Pd. Kata kunci: Think Pair Share, Guided Note Taking, Minat, Hasil Belajar. Pendidikan mempunyai peranan penting dalam menciptakan kemajuan bangsa. Akan tetapi kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah. Fakta di lapangan menunjukkan bahw a minat dan hasil belajar matematika siswa di MTsN 6 Tulungagung masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata UAS kurang dari KKM yaitu 7,1 . Selain itu minat belajar siswa di MTsN 6 Tulungagung juga rendah. Hal ini berdasarkan wawancara dengan siswa serta observasi di lapangan. Banyak siswa yang mengatakan bahwa matematika itu sulit dan membosankan. Selain itu ketika guru memberikan tugas kepada siswa hanya sebagian siswa yang mengerjakan. Dalam proses pembelajaran guru harus bisa mendorong siswa agar aktif di kelas, menumbuhkan minat belajar siswa dengan cara menggunakan model pembelajaran yang tepat. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbasis guided note taking. Dengan model pembelajaran ini siswa dapat mengeksplor pengetahuan dengan pasangannya serta mempresentasikan hasil diskusinya dengan siswa sekelas. Dan dengan guided note taking lebih memudahkan pemahaman siswa karena diberi rangkuman materi serta contoh soal berisi rumpang yang harus dipikirkan dan diselesaikan. Berdasarkan latar belakang di atas maka penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbasis Guided Note Taking Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa di MTsN 6 Tulungagung” Tujuan penelitian: (1) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbasis guided note taking terhadap minat belajar siswa di MTsN 6 Tulungagung, (2) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbasis guided note taking terhadap hasil belajar matematika siswa di MTsN 6 Tulungagung, (3) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbasis guided note taking terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa di MTsN 6 Tulungagung. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif karena data yang digunakan berupa angka yaitu data tes hasil belajar dan skor angket minat belajar siswa. Adapun jenis penelitiannya yaitu eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari uji prasyarat analisis dan uji analisis data. Uji prasyarat terdiri dari uji homogenitas dan uji normalitas, sedangkan uji analisis data terdiri dari uji manova.Hasil penelitian: (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbasis guided note taking terhadap minat belajar siswa di MTsN 6 Tulungagung. Terbukti dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. (2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbasis guided note taking terhadap hasil belajar matematika siswa di MTsN 6 Tulungagung. Terbukti dengan nilai sig. 0,000 <0,05. (3) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbasis guided note taking terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa di MTsN 6 Tulungagung. Terbukti dengan nilai sig. pada pillae trace, wilks’ lambda, hotteling’s trace dan roys largest root adalah 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153192 KHOIRUN NISAK
Date Deposited: 20 Aug 2019 01:59
Last Modified: 20 Aug 2019 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13078

Actions (login required)

View Item View Item