PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS AL-MAA’RIF KELURAHAN TAMANAN TULUNGANGUNG

YONGKI BINTARTO, 17201153373 (2019) PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTS AL-MAA’RIF KELURAHAN TAMANAN TULUNGANGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (437kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (193kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Discovery Learning pada Mata Pelajaran Fikih di MTs Al Ma’arif Kelurahan Tamanan Tulungagung.” ini ditulis oleh Yongki Bintarto, NIM. 17201153373, pembimbing Dr.Chusnul Khotimah, M.Ag. NIP: 197512112002122001 Kata Kunci: Metode Discovery Learning, Pelajaran Fikih Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan-perubahan global dan tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan, sebagai guru fikih harus menciptakan pembelajaran yang menghasilkan kualitas pendidikan. Sehingga guru harus mengantisipasinya dengan berbagai macam metode dan model pembelajaran yang meningkatkan eksplorasi dan kontribusi siswa sehingga menarik minat belajar siswa salah satunya yaitu dengan penerapan metode discovery learning. Dalam penelitian ini difokuskan pada tiga fokus masalah, yaitu: (1) Bagaimanakah proses penerapan metode discovery learning pada mata pelajaran Fiqih di MTs Al-Ma’rif ? (2) Bagaimana hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pada dimensi sikap keberagamaan di MTs AL Ma’arif TulungagungBagaimanakah hambatan penerapan model discovery learnng pada mata pelajaran Fiqih di MTs Al-Ma’arif? (3)Bagaimanakah dampak penerapan meode Discovery learning pada mata pelajaran Fiqih di MTs’ Al-Ma’arif?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran fikih dengan metode discovery learning, mengetaui hambatan metode discovery learning dan untuk mengetahui dampak dari metode discovery learningpada mata pelajaran Fiqih di MTs Al-Ma’arif Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperoleh berupa kata-kata dan tindakan, yang kemudian berusaha dideskripsikan dan diinterpretasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi partisipan pasif dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan kriteria derajat kepercayaan, antara lain dilakukan dengan memperpanjang pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu: Pertama,pelaksanaan metodediscovery learningyaitu diawali dengan perencanaan, kemudian pembelajaran dimulai dengan pemberian stimulus dan pertanyaan materi ketentuan pelaksanaan zakat, lalu siswa disuruh mencari data sesuai permasalahan pada materi zakat, setelah itu melakukan pengolahan data dan menguji kebenaran serta penilaian oleh guru. Kedua, hambatannya yaitu ada kelas yang besar yang mempengaruhi kondisi siswa dan fasilitas dalam belajar. Ketiga,dampaknya yaitu adalah pemahaman siswa tidak hanya sebataspengetahuan saja melainkan tahu secara langsung praktik-praktik keagamaan pada pelajaran fikih di luar kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153373 YONGKI BINTARTO
Date Deposited: 20 Aug 2019 03:50
Last Modified: 20 Aug 2019 03:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13087

Actions (login required)

View Item View Item