Erik Erna, Zuswanti, (2012) Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Penggunaan Media Pembelajaran Power Point di MAN Kota Blitar. [ Skripsi ]
Text
BAB I.doc Download (72kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (178kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (60kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (37kB) |
|
Text
COVER, mbak erik.doc Download (116kB) |
|
Text
COVER.docx Download (20kB) |
Abstract
Kata-kata kunci: inovasi guru, media power point Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh seorang guru pendidikan agama Islam dituntut untuk menjadi pribadi yang inovatif dalam proses pendidikan. Pendidikan agama Islam mempunyai peranan penting dalam meningkatkan sumber daya manusia, untuk itu setiap manusia baik laki-laki maupun perempuan harus mendapat pendidikan, sebagai bekal kehidupan di dunia dan akhirat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini, 1) Bagaimana proses pembuatan media pembelajaran Power Point di MAN Kota Blitar? 2) Bagaimana penyampaian guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran Power Point di MAN Kota Blitar? 3) Faktor-faktor penghambat dan pendukung inovasi guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran Power Point di MAN Kota Blitar? Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Pembahasan hasil penelitian: 1) Proses Pembuatan Media Power Point di MAN Kota Blitar. Inovasi guru dalam proses pembelajaran sangat menentukan berhasil tidaknya peserta didik dalam memahami materi pelajaran, Inovasi power point merupakan media rancangan yang mana di dalam penggunaannya sangat diperlukan perancangan khusus dan didesain sedemikian rupa agar dapat dimanfaatkan. perangkat keras (hardware) yang difungsikan dalam mengispirasikan media tersebut adalah menggunakan satu unit komputer lengkap. Terbukti pada saat pembelajaran guru menggunakan media power point, dikombinasikan menjadi sesuatu yang lebih menarik, sehingga peserta didik memperhatikan pada saat pembelajaran berlangsung. 2) Penyampaian guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran Power Point di MAN Kota Blitar. Penggunaan media dapat menambah motivasi belajar peserta didik sehingga perhatian siwa terhadap materi pelajaran dapat lebih meningkat. Seperti halnya media pembelajaran komputer, dengan lengkapnya program-program komputer dengan tampilan penuh warna (full colour), musik, dan grafis animasi dapat menambahkan kesan realisme dan menuntut latihan, kegiatan laboratorium, simulasi, sangat menarik minat dan perhatian peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, yang akhirnya bisa menambah gairah dan motivasi belajar peserta didik terutama melalui media power point. Perpaduan komputer atau laptop dengan program power point dapat menyajikan pesan atau materi pelajaran sesuai desain atau rancangan yang telah disiapkan. Desain pesan dapat berwujud audio visual diam, visual gerak atau audio visual gerak, yang dapat ditampilkan sewaktu-waktu. 3) Faktor-faktor penghambat dan pendukung inovasi guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran Power Point di MAN Kota Blitar. a) Faktor pendukung penggunaan media pembelajaran power point dalam suatu kegiatan belajar PAI di MAN Kota Blitar ialah: 1) Membantu memudahkan belajar bagi siswa dan memudahkan mengajar bagi guru. 2) Memberikan pengalaman lebih nyata. Media pembelajaran power point digunakan tidak hanya memberikan kemudahan tetapi juga objek yang nyata dapat dipelajari dan sebagai alat bantu yang praktis dan menarik. 3) Belajar dengan menggunakan media pembelajaran komputer sangatlah menarik bagi siswa karena dengan menggunakan komputer apalagi program power point siswa dapat mengingat pelajaran yang telah diajarkan oleh bapak ibu guru dengan mudah. 4) Semua indera siswa dapat diaktifkan. Dengan adanya penggunaan media seperti ini, sebagian siswa tidak sepenuhnya konsen terhadap slide namun mereka masih mendapatkan informasi dari guru, ataupun sebaliknya ketika mereka fokus terhadap slide dan kurang mendengarkan guru, mereka tetap mendapatkan informasi. 5) Lama waktu pengajaran yang diperlukan dapat dipersingkat. Sebelum pembelajaran berlangsung guru sudah mempersiapkan media pembelajaran , sehingga pemanfaatan waktu lebih maksimal. b) Faktor penghambat penggunaan pembelajaran power point dalam kegiatan belajar PAI di MAN Kota Blitar diantaranya: 1) Kurangnya keahlian guru dalam menggunakan power point. 2) Faktor perbedaan siswa dalam memahami program power point. 3) Kurang maksimalnya anak dalam menangkap materi yang disajikan dengan menggunakan power point.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 09 Mar 2015 08:36 |
Last Modified: | 09 Mar 2015 08:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1338 |
Actions (login required)
View Item |