RIZAL QOIRUL ZAKARIA, 17201153191 (2019) PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA BERJAMAAH DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (560kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (229kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (92kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (299kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peningkatan Kedisiplinan Siswa melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah Di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” yang ditulis oleh Rizal Qoirul Zakaria, NIM. 17201153191 Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Luk-luk Nur Mufidah, M.Pd.I Kata kunci: kedisiplinan, pembiasaan, shalat dhuha Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena minimnya kedisiplinan siswa. betapa pentingnya sikap kedisiplinan bagi manusia terutama seorang siswa yang masih dibangku sekolah. Dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dapat dilakukan melalui pembiasaan salat dhuha berjamaah. Hal ini dilakukan guru PAI agar kesadaran diri siswa untuk menumbuhkan sikap kedisiplinan didalam dirinya masing-masing dapat tercapai. Sebagaimana dilakukan guru PAI di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung dengan membiasakan siswa-siswinya dengan salat dhuha berjamaah. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan dalam pembiasaan shalat dhuha berjamaah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana hambatan guru PAI dalam pembiasaan shalat dhuha berjamaah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaiman solusi guru PAI untuk mengatasi kendala dalam pembiasaan shalat dhuha berjamaah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan dalam pembiasaan shalat dhuha berjamaah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. (2) Mendeskripsikan hambatan guru PAI dalam pembiasaan shalat dhuha berjamaah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. (3) Mendeskripsikan solusi guru PAI untuk mengatasi kendala dalam pembiasaan shalat dhuha berjamaah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini dilakukan dengan desain penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian tersebut diharapkan berguna bagi kepala SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung sebagai acuan untuk lebih mengembangkan segala upayanya di lembaganya terutama pada hal ibadah shalat dhuha dan kedisiplinannya. Bagi guru PAI SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung sebagai bahan masukan meningkatkan kualitas pengajaran yang lebih baik dibidang ibadah dan kedisiplinan. Bagi para peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) Pelaksanaan dalam pembiasaan shalat dhuha berjamaah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung yaitu keteladanan dari para guru, konsisten dalam menerapkan peraturan, adanya Latihan/Praktik langsung yang dilakukan disekolah, dan kegiatan pembiasaan kepada siswa oleh guru. (2) Hambatan guru pendidikan agama Islam dalam pembiasaan shalat dhuha berjamaah dalam meningkatkan kedispilinan siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung yaitu kurangnya kesadaran diri, kemalasan (sifat malas) dan karakter tidak jujur masih suka berbohong. (3) Solusi yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam menyelesaikan hambatan pembiasaan shalat dhuha berjamaah dalam meningkatkan siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung yaitu dengan cara komunikasi intens dengan sesama guru PAI dan non PAI, dikenakannya hukuman atau sanksi yang mendidik dan dengan adanya reward atau diberi penghargaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153191 RIZAL QOIRUL ZAKARIA |
Date Deposited: | 10 Sep 2019 07:44 |
Last Modified: | 10 Sep 2019 07:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13390 |
Actions (login required)
View Item |