MUCHAMAD SUBCHAN EFENDI, 17201153276 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK (STUDI KASUS DI MTsN 8 TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (992kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (991kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Studi Kasus di MTsN 8 Tulungagung)” ini ditulis oleh Muchamad Subchan Efendi, NIM. 17201153276, pembimbing: Drs. H. Munardji, M.Ag. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Akidah Akhlak. Guru memiliki peranan penting dalam membangunan akidah akhlak siswa di sekolah. Terutama guru akidah akhlak. Di zaman sekarang ini akidah akhlak pada anak sudah mulai terkikis karena dampak globalisasi. Karena dengan orang memiliki begitu banyak strategi maka orang tersebut jika berada dalam situasi apapun pasti dapat memecahkan sebuah masalah atau menemukan sebuah solusi dari masalah atau problem yang di hadapainya Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru akidah akhlak dalam membangun akidah akhlak siswa, mendeskripsikan hambatan guru akidah akhlak dalam membangun akidah akhlak siswa, mendeskripsikan dampak dari strategi guru akidah akhlak dalam membangun akidah akhlak siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif jenis penelitian ini adalah penelitian fenomenologi. Lokasi penelitian di MTsN 8 Tulungagung, teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan analisis data dengan metode interaktif, pengecekan keabsahan temuan dengan triangulasi data, metode, dan sumber. Hasil penelitian menujukkan bahwa 1) Strategi yang digunakan guru akidah akhlak yaitu strategi mengaktifkan siswa dengan memberikan pertanyaan awal sebagai umpan, strategi pembelajaran yang memberi kesempatan setiap siswa untuk bertindak sebagai guru bagi siswa yang lain, pembelajaran dengan persiapan teks atau hand out untuk dipersentasikan bersama, pembelajaran yang menyajikan debat kelas atau debat yang efektif, memberdayakan seluruh siswa mempelajari satu topik pada tiap-tiap kelompok, dan setiap kelompok membuat kuis untuk dijawab oleh kelompok lain. 2) Hambatan yang di alami guru akidah akhlak yang paling besar adalah dari lingkup keluarga, karena banyak sekali dari anak yang orang tuanya bekerja di luar negeri sehingga anak kurang pengawasan dan didikan di rumah. 3) Dampak dari strategi yang diterapkan dari segi pembelajaran adalah anak dari yang tidak antusias dengan pelajaran akidah akhlak menjadi antusias, dan adanya perubahan sikap ke arah yang positif pada diri anak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153276 MUCHAMAD SUBCHAN EFENDI |
Date Deposited: | 06 Jan 2020 03:53 |
Last Modified: | 06 Jan 2020 03:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13660 |
Actions (login required)
View Item |