RAHMAWATI AGUSTIN, 17201153426 (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIU (STUDI KASUS DI SMK NU TULUNGAGUNG) TAHUN AJARAN 2018-2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (823kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (396kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (229kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Karakter Religius [Studi Kasus di SMK NU Tulungagung Tahun Ajaran 2018-2019]”. Ini ditulis oleh Rahmawati Agustin, NIM. 17201153426, Jurusan Pendididikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kaguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muhammad Zaini, M.A Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Karakter Religius Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kebutuhan akan pendidikan yang dapat melahirkan manusia Indonesia yang berkarakter sangat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat. Munculnya gagasan program pendidikan karakter dalam dunia pendidikan di Indonesia sangatlah didambakan, sebab selama ini dirasakan proses pendidikan ternyata belum berhasil membangun manusia Indonesia yang berkarakter. Bisa jadi salah satu penyebabnya karena pendidikan di Indonesia lebih menitik beratkan kepada pengembangan intelektual atau kognitif semata, Oleh karena itu untuk mewujudkan pendidikan karakter religius bagi peserta didik, dibutuhkan sekolah yang tidak hanya memperhatikan aspek intelektual atau kognitif semata, tetapi juga mengikutsertakan aspek soft skill atau non akademik sebagai salah satu unsur utama pendidikan moral. SMK NU Tulungagung, sebagai sekolah menengah kejuruan yang bernafaskan islami dinilai sebagai wadah yang tepat untuk membentuk karakter religius peserta didik, melalui pembiasaan kegiatan keagamaan bagi peserta didik yang diimplementasikan melalui pembiasaan keseharian maupun dalam kegiatan ekstra ataupun intra di sekolah. Sehingga dapat membentuk peserta didik yang tidak hanya terampil berkarya akan tetapi juga unggul dalam prestasi agama dan berakhlaqul karimah. Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana langkah-langkah implementasi pendidikan karakter religius peserta didik di SMK NU Tulungagung Tahun Ajaran 2018-2019 ? (2) Bagaimana hambatan implementasi pendidikan karakter religius peserta didik di SMK NU Tulungagung Tahun Ajaran 2018-2019? (3) Bagaimana dampak implementasi pendidikan karakter religius peserta didik di SMK NU Tulungagung Tahun Ajaran 2018- 2019?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memaparkan langkah-langkah implementasi pendidikan karakter religus peserta didik di SMK NU Tulungagung Tahun Ajaran 2018-2019 (2) Untuk memaparkan hambatan implementasi pendidikan karakter religius peserta didik di SMK NU Tulungagung Tahun Ajaran 2018-2019 (3) Untuk memaparkan dampak implementasi pendidikan karakter religius peserta didik di SMK NU Tulungagung Tahun Ajaran 2018-2019. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di SMK NU Tulungagung. Sumber data diperoleh dari tiga macam sumber data yakni orang, benda gerak atau proses sesuatu. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan xv metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya peneliti menggunakan teknik analisis model Miles dan Hubberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikaan kesimpulan/verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclutions). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Langkah-langkah implementasi pendidikan karakter religius di SMK NU Tulungagung adalah sebagai berikut: (a) Pelaksanaan dengan program sekolah dan kurikulum; (b) Pelaksanaan kegiatan-kegiatan dengan pola pemahaman, pembiasaan, serta keteladanan, keteladanan yang dimaksud yaitu kontrol dan keteladanan dari wali kelas dan guru bk yang menyangkut kedalaman pengetahuan keagamaan dan perilaku peserta didik. (2) Hambatan implementasi pendidikan karakter religius di SMK NU Tulungagung yang mempengaruhi jalannya pelaksanaan program kegiatan yang menunjang implementasi pendidikan karakter religius di SMK NU yakni sebagai berikut: (a) Perbedaan latar belakang peserta didik; (b) Kurangnya kesadaran peserta didik; (c) Siswa sering mengabaikan konsekuensi dari wali kelas dan guru bk; (d) Siswa kurang tertarik dengan metode pembelajaran dari guru (e) Banyaknya jadwal praktik di SMK (f) Kurangnya motivasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. (3) Dampak implementasi pendidikan karakter religius di SMK NU Tulungagung adalah sebagai berikut: (a) Peserta didik memiliki etika dan kesopanan (b) Peserta didik taat dan rajin beribadah (c) Peserta didik berpakaian sopan dan rapi (d) Peserta didik menjadi pribadi yang disiplin dan menghargai waktu (e) Peserta didik lebih aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler (f) Guru menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan didalam kelas (G) Konsekuensi dari wali kelas dan guru bk berdampak positif bagi peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153426 RAHMAWATI AGUSTIN |
Date Deposited: | 21 Nov 2019 03:13 |
Last Modified: | 21 Nov 2019 03:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13722 |
Actions (login required)
View Item |