NURHAYATI, 1721143321 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENGHADAPI HAMBATAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MAN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (667kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (688kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (555kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (311kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
Bab VI.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (261kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menghadapi Hambatan Komunikasi Pendidikan Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Nurhayati, NIM. 1721143321, pembimbing Dr. H. Muwahid Sulhan, M. Ag Kata kunci: Strategi Guru, Hambatan Komunikasi Pendidikan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa masih banyak guru yang kurang menyadari adanya hambatan komunikasi pada mata pelajaran akidah akhlak, menganggap remeh dan mengabaikannya. Padahal jika ditelaah hambatan komunikasi pada mata pelajaran akidah akhlak sangat beragam, seperti hambatan semantis, mekanis dan ekologis. Berbagai hambatan tersebut sangat membatasi efektifitas penyampaian pesan. Maka dari itu, guru di MAN 2 Trenggalek benarbenar memperhatikan hambatan komunikasi pada mata pelajaran akidah akhlak supaya penyampaian pesan dapat efektif. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam menghadapi hambatan semantis pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 2 Trenggalek? (2) Bagaimana strategi guru dalam menghadapi hambatan mekanis pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 2 Trenggalek? (3) Bagaimana strategi guru dalam menghadapi hambatan ekologis pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 2 Trenggalek? Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di MAN 2 Trenggalek. Sumber data yang peneliti peroleh berasal dari kepala sekolah, guru, siswa madrasah dan dokumen madrasah. Metode yang digunakan oleh peneliti menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) Strategi guru dalam menghadapi hambatan semantis pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 2 Trenggalek, yaitu guru berkomunikasi secara pelan-pelan, runtut, dan jelas. Guru menjelaskan ulang kata atau materi yang dianggap membingungkan dan mengaitkan dengan dunia nyata. Guru memformulasikan perasaan dan pikiran sebelum berkomunikasi dengan siswa. Guru menggunakan bahasa yang sederhana dan campuran. (2) Strategi guru dalam menghadapi hambatan mekanis pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 2 Trenggalek, yaitu Guru memanfaatkan LCD proyektor yang ada di laboratorium. Guru menampilkan materi pada laptop milik siswa dengan bentuk berkelompok. Guru mempermudah peminjaman buku paket. Guru meminta siswanya menyalin materi dari buku paket kebuku tulis. (3). Strategi guru dalam menghadapi hambatan ekologis pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 2 Trenggalek, yaitu Guru memfokuskan pembelajaran pada penugasan. Guru menjaga suhu tetap nyaman dengan membuka pintu, menyalakan kipas angin dan membuka cendela. Guru mengoptimalkan pemakaian gorden pada kelas - kelas tertentu. Dalam keadaan banjir pembelajaran diliburkan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1721143321 NURHAYATI |
Date Deposited: | 12 Nov 2019 01:20 |
Last Modified: | 12 Nov 2019 01:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/13761 |
Actions (login required)
View Item |