Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Di SMA Negeri I Kras Kediri

Elly, Puspitasari (2010) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Di SMA Negeri I Kras Kediri. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB II_revisi.doc

Download (180kB)
[img] Text
BAB III REVISI.doc

Download (93kB)
[img] Text
BAB V.rtf

Download (38kB)
[img] Text
DARTAR PUSTAKA mifja.rtf

Download (35kB)
[img] Text
skripsi bab 1.doc

Download (74kB)
[img] Text
cover skripsi ijah.rtf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV ijah.rtf

Download (45MB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Strategi Pembelajaran, PAI, KTSP. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena tentang pengaplikasian strategi pembelajaran yang merupakan suatu kegiatan yang akan dilakukan oleh lembaga pendidikan pada lembaga tersebut. Strategi itu terkait dengan strategi dalam menentukan tujuan dari pembelajaran yaitu strategi dalam memilih dan menerapkan metode, pendekatan pembelajaran serta strategi dalam menentukan ukuran keberhasilan pembelajaran, sehingga dapat dijadikan pedoman untuk melakukan evaluasi. Masalah yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah perencanaan dan pelaksanaan strategi pembelajaran pendidikan Agama Islam Berbasis KTSP di SMA Negeri I Kras Kediri. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis KTSP di SMAN I Kras Kediri? (2) Apa faktor-Faktor pendukung pelaksanaan strategi pembelajaran PAI Berbasis KTSP (3) Apa faktor-faktor penghambat pelaksanaan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis KTSP di SMAN I Kras Kediri? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis KTSP di SMAN I Kras Kediri? (2) Untuk mengetahui faktor-Faktor pendukung pelaksanaan strategi pembelajaran PAI Berbasis KTSP (3) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat pelaksanaan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis KTSP di SMAN I Kras Kediri?. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis, bila secara teoritis. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi kontribusi dan sumbangan ilmiah bagi pengembangan khasanah keilmuan PAI dan bagi peneliti yang akan sebagai acuan untuk perbaikan dan kesempurnaan terkait dengan pelaksanaan secara praktis. Secara praktis, bagi pemerintah adalah bahwa hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai masukan dan sumbangan dalam menentukan kebijakan terkait dengan pelaksanaan pengajaran bidang studi PAI berbasis KTSP. Bagi sekolah adalah hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai masukan atau inspirasi dan sumbangan ilmiah dalam pelaksanaan pengajaran bidang studi PAI berbasis KTSP. Bagi guru adalah dapat dijadikan sebagai sarana introspeksi guru sehingga termotivasi lebih meningkatkan kualitas mengajar serta menjadi bahan pertimbangan dalam penggunaan metode pembelajaran KTSP guna lebih mengefektifkan kegiatan belajar mengajar. Dalam penelitian ini menggunakan metode sebagai berikut: (a) Pola Penelitian, Menurut pendekatannya: penelitian kualitatif, Menurut permasalahannya: Penelitian diskriptif; (b) Sumber data, Person, Place (lokasi / setting), paper (dokumentasi); (c) Metode pengumpulan data: Metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi; (d) Teknik analisis: paparan dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis KTSP di SMA Negeri I Kras Kediri mencakup perencanaan pembelajaran PAI yang meliputi tindakan-tindakan operasional-interaktif guru di kelas. Tindakan guru berhubungan dengan pelaksanaan siasat dan taktik dalam mengoperasionalkan pelaksanaan metode, teknik, prosedur pembelajaran, maupun siasat dan taktik operasional dalam penggunaan media dan sumber pembelajaran. Hal ini tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berbasis KTSP. Sedangkan pelaksanaan strategi pembelajaran PAI yang berbasis KTSP yaitu pembelajaran berbasis masalah, memanfaatkan lingkungan siswa untuk memperoleh pengalaman belajar, memberikan aktivitas kelompok, membuat aktivitas belajar mandiri, menyusun refleksi. Penerapannya dalam proses pembelajaran PAI ini menekankan pada praktek yang istilahnya learning by doing dan menekankan pada etika untuk membentuk kepribadian yang bermoral sehingga dari proses tersebut diharapkan peserta didik dapat memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran agamanya. Selain itu, pelaksanaannya juga menggunakan media dan sumber pembelajaran yang modern dalam menyampaikan materi sehingga memenuhi ketentuan atau tuntutan dari adanya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). (2) Faktor-Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis KTSP di SMA Negeri I Kras Kediri, diantaranya: sumber daya manusia yang berkualitas, keaktifan peserta didik di dalam kelas, sarana dan prasarana yang memadai, saling kerjasama antara guru PAI dengan selain guru PAI, adanya ekstra kurikuler kegiatan keagamaan, lingkungan yang kondusif, kerjasama yang baik antara pihak sekolah dan pihak wali serta masyarakat, perhatian pihak pemerintah yang besar karena sekolah ini merupakan sekolah baru di wilayah Kediri bagian selatan. (3) Faktor-faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis KTSP di SMA Negeri I Kras Kediri, diantaranya perbedaan karakteristik peserta didik, kurangnya referensi yang relevan, sarana dan prasarana kurang memadai, kurangnya kerjasama antara pihak sekolah dengan masyarakat, kurangnya perhatian dari pemerintah karena sekolahan ini tergolong baru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 07 Apr 2015 01:27
Last Modified: 07 Apr 2015 01:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1412

Actions (login required)

View Item View Item