METAKOGNISI DALAM MEMECAHKAN MASALAH STATISTIK DITINJAU DARI KECERDASAN VISUAL- SPASIAL KELAS XII MA MAMBA’US SHOLIHIN 2 BLITAR

YAYUK SARASWATI, 17204153242 (2020) METAKOGNISI DALAM MEMECAHKAN MASALAH STATISTIK DITINJAU DARI KECERDASAN VISUAL- SPASIAL KELAS XII MA MAMBA’US SHOLIHIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Metakognisi dalam Memecahkan Masalah Statistik ditinjau dari Kecerdasan Visual-Spasial di MA Mamba’us Sholihin 2 Blitar” ini ditulis oleh Yayuk Saras Wati, mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) jurusan Tadris Matematika (TMT), NIM. 17204153242, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan Kurikulum 2013, didalamnya memuat metakognisi sebagai tingkatan pengetahuan tertinggi dan dalam Kurikulum 2013, ranah keterampilan dikembangkan mengarah pada kecerdasan majemuk Gardner. Dalam hal ini dihubungkan metakognisi dengan kecerdasan visual-spasial di MA Mamba’us Sholihin 2 Blitar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana metakognisi siswa yang berkecerdasan visual-spasial rendah dalam memecahkan masalah statistik di MA Mamba’us Sholihin 2 Blitar? (2) Bagaimana metakognisi siswa yang berkecerdasan visual-spasial sedang dalam memecahkan masalah statistik di MA Mamba’us Sholihin 2 Blitar? (3) Bagaimana metakognisi siswa yang berkecerdasan visual-spasial tinggi dalam memecahkan masalah statistik di MA Mamba’us Sholihin 2 Blitar?adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metakognisi yang berkecerdasan visual-spasial rendah sedang dan tinggi dalam memecahkan masalah statistik di MA Mamba’us Sholihin 2 Blitar. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah Mamba’us Sholihin, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi guru madrasah merupakan bahan pertimbangan dalam menentukan strategi yang cocok dalam menampung keberagaman kecerdasan siswa. Bagi siswa madrasah sebagai bahan bacaan untuk meningkatkan kualitas belajar. Bagi peneliti lain sebagai bahan referensi serta sumber inspirasi untuk penelitian pengembangan dari penelitian yang telah dilakukan. Dalam penelitian ini digunakan metode tes, dokumentasi dan interview. Tes digunakan untuk menggambarkan subjek berkecerdasan visual-spasial kategori tinggi, sedang dan rendah. Sedangkan metode dokumentasi dan interview digunakan untuk menggali data tentang metakognisi dalam memecahkan masalah statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : metakognisi siswa yang memiliki kecerdasan visual-spasial rendah dapat memenuhi 2 aktivitas, yaitu planning dan monitoring, namun tidak nampak pada aktivitas evaluating; metakognisi siswa yang memiliki kecerdasan visual-spasial sedang dapat memenuhi 2 aktivitas, yaitu planning dan monitoring, namun tidak nampak pada aktivitas evaluating; metakognisi siswa yang memiliki kecerdasan visual-spasial tinggi dapat memenuhi 3 aktivitas, yaitu planning, monitoring, dan evaluating.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153242 YAYUK SARASWATI
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:42
Last Modified: 07 Jan 2020 04:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14186

Actions (login required)

View Item View Item