AHMAD JAUHARUL AKNANA, 17402153097 (2020) PERAN PELAYANAN PUBLIK DALAM PENANGANAN PENGADUAN MASYARAKAT (Studi Pada Kantor Imigrasi Kelas II Blitar). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (830kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Pelayanan Publik Dalam Penanganan Pengaduan Masyarakat (Studi Pada Kantor Imigrasi Kelas II Blitar)” yang ditulis oleh Ahmad Jauharul Aknana, NIM. 17402153097, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. H. Mashudi, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh tersedianya ruang untuk menyampaikan aspirasi dalam bentuk pangaduan dan proses terhadap jalannya penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik akan sangat penting peranannya bagi upaya perbaikan kinerja tata pemerintahan secara keseluruhan. Pelayanan publik yang merupakan salah satu kebutuhan dalam rangka pemenuhan pelayanan sesuai peraturan perundang-undangan sepertinya masih menjadi impian, dan jauh dari harapan. Meskipun sudah banyak perubahan dan perbaikan dalam pelayanan publik, namun tidak dipungkiri masih dapat ditemui celah-celah dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Kurang puasnya pelayanan publik yang diterima oleh masyarakat membuat masyarakat mulai mengeluh dan melakukan pengaduan kepada sebuah instansi. Pengaduan yang disampaikan masyarakat kepada pelayanan publik merupakan respon dari peran pelayanan publik itu sendiri. Pengaduan bertujuan memperbaiki kekurangan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan seperti halnya tersedianya bentuk pengaduan di kantor Imigrasi kelas II Blitar bisa menjadi wadah perbaikan dalam suatu pelayanan kepada masyarakat sekitar maupun kinerja yang ada didalamya. Sehingga dalam skripsi ini peneliti melakukan fokus penelitian di kantor Imigrasi kelas II Blitar sebagai berikut: (1) Bagaimana peran pelayanan publik dalam penanganan pengaduan masyarakat ? (2) Apa saja kendala pelayanan publik dalam penanganan pengaduan masyarakat ? (3) Langkah-langkah apa sajakah yang dilakukan pelayanan publik dalam penanganan pengaduan masyarakat ? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi.Teknik pengecekan data meliputi trianggulasi, pembahasan sejawat dan memperpanjang keikut sertaan. Hasil penelitian adalah: (1) Pelayanan pubik yang dilakukan oleh kantor Imigrasi kelas II Blitar adalah sangat baik bagi masyarakat. Peran yang telah diterapkan meliputi kehandalan (Reliability), daya tangkap (Responsiveness), jaminan (Assurance), dan empati (Emphaty). (2) Kendala yang dihadapi dalam pelayaan pengaduan masyarakat terdiri dari faktor internal mengenai sitem dan faktor eksternal mengenai sosialisasi. (3) Langkah-langkah yang dilakukan dalam penanganan pengadua masyarakat adalah pemohon atau pelapor bisa datang langsung, juga bisa melalui media dan juga bisa melalui website. Kedua laporan pengaduan akan diteruskan kepada kepala bagiannya masing-masing. Ketiga setelah pengaduan itu diproses, pengaduan ditindak lanjuti dan tahap terakhir akan segera disampaikan kepada pemohon atau perlapor. Kata Kunci : Peran Pelayanan Publik, Pengaduan masyarakat
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 17402153097 Ahmad Jauharul Aknana |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 06:55 |
Last Modified: | 25 Mar 2020 03:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14313 |
Actions (login required)
View Item |