JULITA WINDAYU USTANTIK, 17204163284 (2020) DEFRAGMENTASI STRUKTUR BERPIKIR SISWA SMP BERKEMAMPUAN RENDAH DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS PISA (Progam for International Students Asassment) DI MTs ASYAFI'IYAH GONDANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (282kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (211kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (360kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (955kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (224kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang tidak luput dari kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika. Kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika menunjukkan bahwa siswa masih belum mampu menkontruksi konsep dikarenakan belum adanya kesesuaian antara struktur berpikir siswa dengan masalah yang dihadapi. Hal ini mengabitkan struktur berpikir siswa tidak terkoneksi dengan baik dan terpisah-pisah. Untuk mengatasi masalah di atas perlu diberikanya rekontruksi struktur berpikir. Rekontruksi struktur berpikir siswa lebih di kenal dengan defragmentasi struktur berpikir siswa dalam mengkontruksi konsep dan pemecahan masalah. Adapaun tujuan dari penelitian ini: 1) Mendeskripsikan defragmentasi struktur berpikir siswa SMP berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis PISA (Progam for International Student Assessment) di MTs Asyafiiyah Gondang; 2) Mendeskripsikan defragmentasi struktur berpikir siswa SMP berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis PISA (Progam for International Student Assessment) di MTs Asyafiiyah Gondang Penelitian ini dilakukan di MTs Asyafi’iyah Gondang, Kabupaten Tulungagung dan subjek penelitian adalah siswa kelas C MTs Asyafi’iyah Gondang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana peneliti menjadi instrumen kunci dalam penelitiannya. Untuk pengumpulan data peneliti melakukannya dengan metode tes dan wawancara, sedangkan untuk melakukan analisis data peneliti melakukan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Siswa berkemampuan matematika rendah memiliki materi dasar matematika namun dalam skala kecil dan cenderung tidak memahami materi dengan benar, Sehingga defragmentasi yang diberikan pada siswa SMP berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah matematika berbasis PISA, dengan langkah-langkah scaning, check some eror, repairing (proses pemberian defragmentasi) dalam repairing terjadi 3 proses utama yakni disequilibrasi (ketidakseimbangan antara asimilasi dan akomodasi), conflict cognitive (ketidakcocokan informasi dari struktur berpikir dengan lingkungan), scaffolding (bantuan secukupnya). 2) Pada dasarnya siswa dengan kemampuan matematika sedang memiliki materi dasar matematika hanya saja dalam beberapa kasus tertentu siswa sulit mengkontruksi dan mengembangkan konsep matematika yang telah di pelajari, maka defragmentasi yang diberikan pada siswa SMP berkemampuan matematika sedang, dengan langkah-langkah scaning, check some eror, repairing (proses pemberian defragmentasi) dalam repairing terjadi 3 proses utama yakni disequilibrasi (ketidakseimbangan antara asimilasi dan akomodasi), conflict cognitive (ketidakcocokan informasi dari struktur berpikir dengan lingkungan), scaffolding (bantuan secukupnya).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163284 JULITA WINDAYU USTANTIK |
Date Deposited: | 03 Mar 2020 01:45 |
Last Modified: | 25 Mar 2020 03:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14655 |
Actions (login required)
View Item |