RITA DIANASARI, 17201163041 (2020) METODE PENINGKATAN MOTIVASI BACA TULIS AL QUR’AN (BTQ) PADA SANTRI TPQ AL FALAH KARANGSARI REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (875kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (432kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (179kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (964kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (470kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (192kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Metode Peningkatan Motivasi Baca Tulis Al Qur’an (BTQ) pada Santri TPQ Al Falah Karangsari Rejotangan Tulungagung.” Ini ditulis oleh Rita Dianasari, NIM 17201163041, pembimbing Mirna Wahyu Agustina M.Psi. Kata kunci: Metode Peningkatan Motivasi, Metode Baca Tulis Al Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi santri dalam mempelajari Al Qur’an yang menjadi penyebab rendahnya kualitas pendidikan ilmu agama, terutama dalam kemampuan membaca dan menulis Al Qur’an. Hal ini dapat dilihat dari kalangan masyarakat remaja muslim masih banyak yang belum mampu membaca dan menulis Al Qur’an. Mereka lebih senang mempelajari ilmu umum daripada ilmu agama, terutama ilmu Al Qur’an. Maka, peneliti tertarik untuk meneliti Metode Peningkatan Motivasi Baca Tulis Al Qur’an (BTQ) pada Santri TPQ Al Falah Karangsari Rejotangan Tulungagung. Fokus Penelitian penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan metode peningkatan motivasi Baca Tulis Al Qur’an (BTQ) pada Santri TPQ Al Falah Karangsari Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana penerapan metode peningkatan motivasi Baca Tulis Al Qur’an (BTQ) pada Santri TPQ Al Falah Karangsari Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana teknik evaluasi metode peningkatan Motivasi Baca Tulis Al Qur’an (BTQ) pada Santri TPQ Al Falah Karangsari Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subyek dari penelitian ini adalah ustadz dan ustadzah baca tulis Al Qur’an (BTQ), santri TPQ Al Falah Karangsari Rejotangan Tulungagung. Metode Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan penulis dengan menggunakan Model Miles dan Huberman, yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, metode peningkatan motivasi baca tulis Al Qur’an (BTQ) pada santri, diantaranya: (1) Perencanaan metode peningkatan motivasi pada santri yang dilakukan ustadz dan ustadzah dengan cara rapat dan musyawarah. (2) Penerapan metode peningkatan motivasi pada santri dengan mengkolaborasi beberapa metode yang digunakan untuk masing masing tingkatan sesuai dengan jenjang kemampuannya. (3) Teknik evaluasi metode peningkatan motivasi adalah dengan menggunakan kartu prestasi santri dan sosialisasi kepada wali santri untuk tetap memotivasi putra putinya agar semangat belajar Al Qur’an.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163041 RITA DIANASARI |
Date Deposited: | 09 Mar 2020 06:57 |
Last Modified: | 09 Mar 2020 06:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14711 |
Actions (login required)
View Item |