NOVA KURNIA AUDIA SAFITRI, 17204163074 (2020) PENGEMBANGAN POP UP MIND MAP BOOK DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PERBANDINGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (186kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (281kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (946kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh (1) Kesulitan siswa dalam memahami materi perbandingan,(2) Siswa yang lebih tertarik dengan materi yang berisi ilustrasi ataupun gambar untuk diamati, (3) Minimnya pemahaman siswa terhadap pengetahuan budaya yang ada di Indonesia, (4) Guru yang sering menerangkan materi secara konvensional dengan dibantu LKS ataupun buku paket, serta (5) Penggunaan media pembelajaran yang minim. Oleh karena itu, peneliti bermaksud untuk mengembangkan bahan ajar pop up mind map book etnomatematika materi perbandingan yang dirasa cocok untuk dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model penelitian dan pengembangan Borg & Gall. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui proses pengembangan bahan ajar pop-up mind map book materi perbandingan dengan pendekatan etnomatematika, (2) Menghasilkan bahan ajar pop-up mind map book dengan pendekatan etnomatematika untuk meningkatkan pemahaman materi perbandingan dengan valid, efektif, dan efisien, (3) Mengetahui pengaruh bahan ajar pop-up mind map book dengan pendekatan etnomatematika terhadap hasil belajar siswa kelas VII J pada materi perbandingan. Terdapat 10 tahap proses penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh peneliti, seperti yang dikemukakan Borg & Gall. Rata-rata hasil uji validitas ahli media adalah 91% dan uji validitas ahli materi adalah 91%. Hal ini menunjukkan bahwa media hasil pengembangan dinyatakan valid. Sedangkan, pada hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney menyatakan bahwa nilai signifikansi adalah 0,058, berarti menunjukkan tidak ada pengaruh pop up mind map book etnomatematika materi perbandingan terhadap hasil belajar siswa kelas VII J, sehingga bahan ajar hasil pengembangan dinyatakan valid, akan tetapi tidak efektif dan efisien digunakan pada siswa kelas VII J.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163074 NOVA KURNIA AUDIA SAFITRI |
Date Deposited: | 06 Aug 2020 04:59 |
Last Modified: | 06 Aug 2020 04:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/14855 |
Actions (login required)
View Item |