Miftakhul, Huda (2014) Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Pokok Gaya Bagi Siswa Kelas V MIN Pucung Ngantru Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
5-ABSTRAK.docx Download (30kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (38kB) |
|
Text
BAB II.rtf Download (389kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (57kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (425kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (24kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.docx Download (25kB) |
Abstract
Kata kunci : Metode Eksperimen, , Prestasi belajar, Imu Pengetahuan Alam IPA Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika siswa kelas V di MIN Pucung Ngantru. Hal itu disebabkan, karena ketidaksukaan siswa terhadap Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang menjadikan siswa kurang kreatif dalam menjawab pertanyaan dan lemah dalam penguasaan materi. Disebabkan juga sebagian besar guru lebih suka menggunakan metode ceramah ketika mengajar. Dalam materi gaya peneliti mengunakan metode percobaan, sebagai upaya dalam meningkatkan prestasi belajar IPA siswa. Pembelajaran menggunakan model memotivasi siswa dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih baik. Adapun rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 1) Bagaimana penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Gaya Siswa Kelas V MIN Pucung Ngantru Tulungagung ? 2) Apakah penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi Gaya siswa kelas V MIN Pucung Ngantru Tulungagung ? Adapun tujuan penelitian dalam hal ini adalah : 1) Untuk mendiskripsikan penggunaan metode eksperimen pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V di MIN Pucung Ngantru Tulungaung. 2)( Untuk mendiskripsikan penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V di MIN Pucung Ngantru Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan, pola fikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya meningkatkan kualitas diri sebagai guru. Bagi MIN Pucung Ngantru dapat dijadikan sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka merumuskan kebijakan pendidikan yang berkaitan dengan proses pembelajaran yang akan datang. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) menyusun perencanaan (planning), (2) melaksanakan tindakan (acting), (3) pengamatan (observing) dan (4) refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang prestasi belajar IPA MIN Pucung Ngantru. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran IPA, respon siswa, keadaan siswa dan guru. Hasil penelitian yang digunakan dengan menerapkan metode demonstrasi dan eksperimen , menunjukkan adanya peningkatan Prestasi belajar siswa mulai pre test, post test siklus 1, sampai post test siklus 2. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata nilai siswa 55,9 (pre test), meningkat menjadi 64,9 (post test siklus 1), dan meningkat lagi menjadi 88,9 (post test siklus 2). Selain dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa dapat diketahui dari persentase ketuntasan belajar siswa. Pada saat Pre Test presentasenya 37,%, meningkat pada hasil post test siklus 1, persentase ketuntasan belajar 51% kemudian meningkat lagi pada hasil post test siklus 2, persentase ketuntasan belajar 81 %. Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan prestasi belajar IPA kelas V MIN Pucung Ngantru Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 04 May 2015 07:28 |
Last Modified: | 04 May 2015 07:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1487 |
Actions (login required)
View Item |