Mar’atus, Sholihah, (2012) Pengaruh Brain Gym Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs N Ngantru Tulungagung Tahun Pelajaran 2011/2012. [ Skripsi ]
|
Text
xv. abstrak.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
daftar rujukan.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Brain Gym, motivasi dan prestasi belajar matematika Teori pendidikan terbaru mengatakan, bahwa otak akan bekerja optimal apabila kedua belahan otak itu dipergunakan secara bersama-sama; otak kanan, yang memiliki spesifikasi berpikir dan mengolah data seputar perasaan, emosi, seni dan musik; dan otak kiri, yang berfungsi mengolah otak seputar sains, bisnis dan pendidikan. Brain Gym adalah serangkaian gerakan tubuh yang sederhana yang digunakan untuk memadukan semua bagian otak untuk meningkatkan kemampuan belajar, membangun harga diri dan rasa kebersamaan. Motivasi dipandang sebagai dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku manusia, termasuk perilaku belajar. Berprestasi merupakan salah satu kebutuhan dasar setiap manusia menurut Mc. Cleland. Adapun rumusan penelitian adalah sebagai berikut: (a) Adakah pengaruh Brain Gym terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Segi Tiga dan Segi Empat Siswa Kelas VII MTs N Ngantru Tulungagung pada Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. (b) Seberapa besar pengaruh Brain Gym terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Segi Tiga dan Segi Empat Siswa Kelas VII MTs N Ngantru Tulungagung pada Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Brain Gym terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Segi Tiga dan Segi Empat Siswa Kelas VII MTs N Ngantru Tulungagung pada Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. (b) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Brain Gym terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Segi Tiga dan Segi Empat Siswa Kelas VII MTs N Ngantru Tulungagung pada Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimen jenis True Eksperimental design dengan bentuk Posttest Only Control Design dan penelitian deskripitif. Subjek penelitiannya adalah sisiwa kelas VII-A dan siswa kelas VII-C MTs N Ngantru Tulungagung tahun pelajaran 2011/2012. Pengumpulan data melalui observasi, angket atau kuesioner dan tes.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 08 May 2015 08:32 |
Last Modified: | 08 May 2015 08:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1556 |
Actions (login required)
View Item |