FATMAWATI NUR, 17201163179 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENYIKAPI KEJENUHAN BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS VIII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (758kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (669kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (787kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (788kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (698kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (709kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (803kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (659kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (527kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK FATMAWATI NUR. Dosen Pembimbing Abdul Aziz Faradi, M. Hum. Strategi Guru dalam Menyikapi Kejenuhan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada SiswaKelas VIII di MTsN 1 Tulungagung. Kata Kunci: Strategi, Guru, Kejenuhan Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena bahwa siswayang sering mengalami kejenuhan dalam mempelajari mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini berdampak pada proses kegiatan pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam tidak bisa tercapai maksimal. Oleh karena itu diperlukan strategi guru dalam menyikapi kejenuhan belajar sejarah kebudayaan islam, agar kejenuhan yang dialami siswa bisa diatasi dengan baik oleh guru mata pelajaran sejarah kebudayaan islam. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan strategi guru dalam menyikapi kejenuhan belajar sejarah kebudayaan Islam pada siswakelas VIII di MTsN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana penerapan strategi guru dalam menyikapi kejenuhan belajar sejarah kebudayaan Islam pada siswakelas VIII di MTsN 1 Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan strategi guru dalam menyikapi kejenuhan belajar sejarah kebudayaan Islam pada siswakelas VIII di MTsN 1 Tulungagung? Hasil penelitian menyebutkan bahwa: (1) Perencanaan strategi guru dalam menyikapi kejenuhan belajar sejarah kebudayaan Islam pada siswakelas VIII di MTsN 1 Tulungagung adalah dengan mempersiapkan silabus dan RPP sebelum memasuki semester baru serta mengembangkan silabus dan RPP pada setiap tatap muka. (2) Penerapan strategi guru dalam menyikapi kejenuhan belajar sejarah kebudayaan Islam pada siswakelas VIII di MTsN 1 Tulungagung adalah dengan mengemas pembelajaran dengan reward dan punishment, menyisipkan ice breaking dalam pembelajaran, memberikan stimulus berupa pertanyaan yang memancing peserta didik, menghafal nama peserta didik, mengemas metode diskusi dengan membentuk beberapa kelompok secara acak, dan memberikan apresiasi bagi siswayang aktif. (3) Evaluasi pelaksanaan strategi guru dalam menyikapi kejenuhan belajar sejarah kebudayaan Islam pada siswakelas VIII di MTsN 1 Tulungagung yaitu dengan membatasi jumlah pertanyaan benar bagi siswa, menginformasikan kepada siswa strategi untuk pertemuan selanjutnya, dan menambah variasi ice breaking.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | FATMAWATI NUR 17201163179 |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 02:38 |
Last Modified: | 07 May 2021 02:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15567 |
Actions (login required)
View Item |