LELA TRI WAHYUNINGTIYAS, 17206163005 (2020) PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KOMPETENSI SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK AL KHODIJAH KEDUNGSOKO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (729kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (167kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kompetensi Sosial Emosional Anak Usia Dini Kelompok B di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung” ini ditulis oleh Lela Tri Wahyuningtiyas, NIM.17206163005, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang di bimbing oleh Bapak Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata kunci : Metode Proyek, Kompetensi Sosial Emosional Penelitian ini dilatar belakangi oleh kompetensi sosial emosional anak di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung yang masih kurang. Hal ini terlihat dari rendahnya percaya diri anak, kurangnya mempunyai sifat tanggung jawab, dan kemandirian dari masing-masing anak. Untuk menciptakan perkembangan sosial emosional anak salah satunya dengan penerapan metode proyek. Diharapkan dengan metode ini anak dapat mengembangkan rasa percaya, rasa tanggung jawab, dan kemandirian Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh metode proyek terhadap kompetensi sosial emosional anak usia dini kelompok B di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung? (2) Seberapa besar pengaruh metode proyek terhadap kompetensi sosial emosional anak usia dini kelompok B di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh metode proyek terhadap kompetensi sosial emosional anak usia dini kelompok B di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. Dalam penelitian ini digunakan jenis pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Metode observasi menggunakan check list untuk mengetahui kompetensi sosial emosional anak dan dokumentasi digunakan untuk mencari informasi data tentang populasi, sampel, sarana, prasarana serta dokumen yang ada di lembaga. Uji yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji independent T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode proyek terhadap kompetensi sosial emosional anak dengan uji independent sig 0,00 < 0,05 sehingga Ha dapat diterima. Untuk menghitung seberapa besar pengaruh metode proyek terhadap kompetensi sosial emosional anak menggunakan rumus effect size sebesar 0,9 dan masuk dalam kriteria besar. Sedangkan dengan nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen adalah 83,8742 atu 83,9% termasuk dalam kategori efektif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | LELA TRI WAHYUNINGTIYAS 17206163005 |
Date Deposited: | 03 Jul 2020 04:22 |
Last Modified: | 07 May 2021 03:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15647 |
Actions (login required)
View Item |