PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS TEKNIS TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL DI KABUPATEN TULUNGAGUNG

KARYONO, 17508164023 (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS TEKNIS TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL DI KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (344kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (645kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (491kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Teknis Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Baitul Maal Wat Tamwil di Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Karyono, NIM: 17508164023 Program Studi Ekonomi Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung dengan dibimbing oleh Dr.H. Asmawi M.Ag. dan Dr. Agus Eko Sujianto, S.E.M.M Kata Kunci: kualitas Pelayanan, kualitas teknis dan kepuasan nasabah. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas Pelayanan dan kualitas teknik BMT di Kabupaten Tulungagung terhadap kepuasan nasabah. Pengukuran kualitas jasa pada penelitian ini dilakukan dengan menilai persepsi nasabah terhadap kualitas jasa seperti yang disarankan Gronroos. Kualitas Pelayanan mengukur aspek-aspek proses penyampaian jasa sedangkan kualitas teknis mengukur hasil dari jasa yang diberikan oleh penyedia jasa. Kualitas Pelayanan dan kualitas teknis memiliki pengaruh dalam kepuasan nasabah. Berdasarkan judul penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif dengan bentuk hubungan kausal. Penelitian ini memiliki tingkat yang tertinggi jika dibandingkan dengan penelitian yang lainnya seperti penelitian diskriptif dan komparatif. Dimana variabel independen (X) atau variabel yang mempengaruhi meliputi Kualitas Pelayanan (X1), Kualitas Teknik (X2), dan secara simultan mempengaruhi variabel dependen (Y) yaitu membandingkan kepuasan nasabah Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) binaan PINBUK di Kabupaten Tulungagung. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Kredit Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) di Kabupaten Tulungagung. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan sampling random sederhana. Sampel dalam penelitian ini adalah Nasabah BMT binaan PINBUK Tulungagung. Peneliti mengambil sampel 3 BMT Yaitu, BMT Pahlawan, BMT Istiqomah dan BMT Mualamalah di Kabupaten Tulungagung yang dijadikan obyek penilitian ini. Teknik ini akan memberikan hasil yang baik karena populasi tidak terlalu besar dan relatif homogen. angket/kuosioner. Instrumen digunakan untuk mengumpulkan data primer Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan teknik Proporsive Sampling, dimana pengambilan sampel anggota populasi mempunyai ciri-ciri tertentu sampai dengan jumlah kuota yang diinginkan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kualitas teknis dan kualitas Pelayanan bersama-sama memberikan pengaruh terhadap Kepuasan Nasabah sebesar 36,7 %. Kualitas teknis memberikan pengaruh yang kuat dan searah terhadap kepuasan nasabah, yaitu setiap kenaikan satu satuan dari kualitas teknis maka kepuasan nasabah akan naik sebesar 0,237 dan setiap penurunan satu satuan dari Kualitas Teknis maka kepuasan nasabah juga akan turun sebesar 0,237. Kualitas Pelayanan memberikan pengaruh yang kuat dan searah terhadap kepuasan nasabah, yaitu setiap kenaikan satu satuan kualitas Pelayanan maka kepuasan nasabah akan naik sebesar 0,367 dan setiap penurunan satu satuan dari kualitas Pelayanan maka kepuasan nasabah juga akan turun sebesar 0,367.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: M.E KARYONO 17508164023
Date Deposited: 07 Jul 2020 01:49
Last Modified: 07 Jul 2020 01:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15653

Actions (login required)

View Item View Item