PERBEDAAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM di SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK

DEWI FITHROTUL UMMAH, 17201163038 (2020) PERBEDAAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM di SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (409kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Dewi Fithrotul Ummah, NIM : 17201163038. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul : “Perbedaan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X TKJ di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek”, Dosen Pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd, NIP. 19720417 200604 1 002. Kata kunci : Pola Asuh, Otoriter, Demokratis, Prestasi Belajar. Pola asuh orangtua dapat mempengaruhi prestasi belajar. Dalam penelitian ini peneliti bermaksud mencari tahu perbedaan pola asuh orang tua siswa kelas X TKJ di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek yang kemudian dicari perbedaannya dengan prestasi belajar siswa tersebut. Tujuan dalam penelitian ini mengetahui: (1) Untuk mengetahui perbedaan pola asuh orang tua (otoriter dan demokratis) terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa X TKJ SMK Islam 1 Durenan Trenggalek (2) Untuk mengetahui seberapa tingkat perbedaan pola asuh orangtua (otoriter dan demokratis) terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X TKJ SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian Komparasi. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X berjumlah 134 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 28 siswa. Ditentukan dengan tehnik random sampling. Pengumpulan data Pola asuh orangtua menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas instrumen angket diuji dengan rumus korelasi product moment. Uji Reliabilitas tes diuji angket menggunakan rumus Alpha Conbach. Uji persyaratan analisis normalitas dan homogenitas diuji sebelum uji hipotesis. Data yang diperole diolah menggunakan uji T-test dan menggunakan uji Effect Size Cohen’s Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada Perbedaan pola asuh orangtua (otoriter dan demokratis) terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X TKJ (Teknik Komputer Jaringan) di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Adapun perbedaannua ditunjukkan dengan nilai (kriteria thitung ≥ ttabel) maka Ha diterima dan Ho ditolak yaitu 3,228 ≥ 1,705 dan uji t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,003 ≤ 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan pola asuh orangtua (otoriter dan demokratis) terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. (2) Pola asuh demokratis lebih baik diterapkan terhadap prestasi belajar dengan rata-rata pola asuh demokratis 84,60 ≥ 81,92 artinya hasil pola asuh orangtua demokratis lebih besar dibandingkan pola asuh otoriter.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: DEWI FITHROTUL UMMAH 17201163038
Date Deposited: 27 Jul 2020 06:19
Last Modified: 06 May 2021 03:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15783

Actions (login required)

View Item View Item