Ayuni, Khoirun (2014) Analisis Pemahaman Siswa Kelas VII C SMPN 1 Boyolanggu Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014 pada Materi Pokok Himpunan Ditinjau dari Gaya Belajar. [ Skripsi ]
|
Text
skripsi bagian depan.pdf Download (792kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1-5 dan lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Analisis, Pemahaman, Gaya Belajar, Himpunan Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena kurangnya pemahaman siswa dan pengajar dalam mengenali gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik). Dalam setiap individu memiliki karakter tersendiri dalam mengembangkan cara belajarnya dan daya pikir dalam menyelesaikan sebuah permasalahan yang dihadapi, oleh sebab itu seorang guru harus mampu mengenali karakter yang dimilki oleh siswanya sehingga dapat tercapai sebuah proses belajar mengajar yang efektif. Dari uraian tersebut peneliti mengadakan penelitian untuk menganalisis pemahaman siswa kelas VII C SMPN 1 Boyolangu tahun ajaran 2013/2014 pada materi pokok himpunan ditinjau dari gaya belajar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pemahaman siswa kelas VII C dengan gaya belajar tipe visual pada materi pokok himpunan di SMPN 1 Boyolangu tahun ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana pemahaman siswa kelas VII C dengan gaya belajar tipe auditorial pada materi pokok himpunan di SMPN 1 Boyolangu tahun ajaran 2013/2014? (3) Bagaimana pemahaman siswa kelas VII C dengan gaya belajar tipe kinestetik pada materi pokok himpunan di SMPN 1 Boyolangu tahun ajaran 2013/2014? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang pemahaman siswa kelas VII C SMPN 1 Boyolangu tahun ajaran 2013/2014 pada materi pokok himpunan ditinjau dari gaya belajar tipe visual, auditorial, kinestetik. Skripsi ini bermanfaat bagi peneliti untuk menambah pengetahuan dan keterampilan sebagai calon pendidik sebelum akhirnya terjun dalam dunia pendidikan. Bagi para guru matematika SMPN 1 Boyolangu supaya para guru dapat mengenali gaya belajar setiap siswanya. Bagi para siswa SMPN 1 Boyolangu sebagai bahan dalam menambah wawasan para siswa untuk menemukan gaya belajarnya sehingga dapat menyesuaikan dengan kebiasaan siswa dalam aktifitas yang dilakukan sehari-hari. Bagi sekolah dan guru untuk memberikan sumbangan dalam rangka perbaikan pembelajaran, peningkatan mutu sekolah khususnya pembelajaran matematika . Pola penelitian ini adalah penelitian study kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C dan Guru matematika. Dalam penelitian ini digunakan metode obsevasi, dokumentasi, angket, wawancara dan tes. Metode observasi digunakan oleh peneliti untuk mengamati kondisi sekolah meliputi sarana prasarana dan proses pembelajaran matematika. Metode dokumentasi digunakan peneliti untuk memperoleh data-data dari sekolah yang bersangkutan dengan penelitian ini. Metode angket digunakan untuk mengklasifikasi gaya belajar siswa kelas VII C. Metode wawancara digunakan peneliti untuk menggali informasi tentang bagaimana cara belajar siswa kelas VII C. Sedangkan metode tes digunakan peneliti untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi pokok himpunan kelas VII C SMPN 1 Boyolangu. xv Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pemahaman peserta didik bergaya belajar visual sudah dapat memenuhi pemahaman terjemahan, penafsiran, dan ekstrapolasi. (2) Pemahaman peserta didik bergaya belajar auditorial sudah dapat memenuhi pemahaman terjemahan, penafsiran, dan ekstrapolasi. (3) Pemahaman peserta didik bergaya belajar kinestetik sudah dapat memenuhi pemahaman terjemahan, dan ekstrapolasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 13 Nov 2014 02:15 |
Last Modified: | 13 Nov 2014 02:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/158 |
Actions (login required)
View Item |