BINTI KHOLIFAH, 17204163115 (2020) PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (618kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (756kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (675kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (609kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (668kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (552kB) | Preview |
|
Text
Bab 6.pdf Download (320kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (291kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Binti Kholifah, NIM. 17204163115, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Samsul Bakri, S.Pd.I.,M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Kecerdasan logis matematis merupakan kemampuan seseorang untuk berpikir secara logis dalam memecahkan kasus atau permasalahan dan melakukan perhitungan dalam matematika. Kecerdasan logis matematis ini sangatlah penting untuk siswa dalam memecahkan suatu masalah matematika. Karena, tanpa disadari siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis yang tinggi akan lebih mudah dalam memahami dan menyelesaikan soal matematika. Sedangkan, motivasi belajar adalah suatu usaha dan dorongan yang dapat mengarahkan seseorang dalam belajar karena ingin mencapai suatu tujuan tertentu. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika materi teorema Pythagoras kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika materi teorema Pythagoras kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis matematis dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika materi teorema Pythagoras kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I MTsN 2 Tulungagung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes kecerdasan logis matematis dan hasil belajar serta angket motivasi. Analisis datanya menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika materi teorema Pythagoras kelas VIII MTsN 2 Tulungagung sebesar (2) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika materi teorema Pythagoras kelas VIII MTsN 2 Tulungagung sebesar . (3) Ada pengaruh kecerdasan logis matematis dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika materi teorema Pythagoras kelas VIII MTsN 2 Tulungagung sebesar
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | BINTI KHOLIFAH 17204163115 |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 03:44 |
Last Modified: | 31 May 2021 04:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15931 |
Actions (login required)
View Item |