PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII MTsN 2 TULUNGAGUNG

BINTI KHOLIFAH, 17204163115 (2020) PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (320kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Binti Kholifah, NIM. 17204163115, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Samsul Bakri, S.Pd.I.,M.Pd. Kata Kunci: Kecerdasan Logis Matematis, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Kecerdasan logis matematis merupakan kemampuan seseorang untuk berpikir secara logis dalam memecahkan kasus atau permasalahan dan melakukan perhitungan dalam matematika. Kecerdasan logis matematis ini sangatlah penting untuk siswa dalam memecahkan suatu masalah matematika. Karena, tanpa disadari siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis yang tinggi akan lebih mudah dalam memahami dan menyelesaikan soal matematika. Sedangkan, motivasi belajar adalah suatu usaha dan dorongan yang dapat mengarahkan seseorang dalam belajar karena ingin mencapai suatu tujuan tertentu. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika materi teorema Pythagoras kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika materi teorema Pythagoras kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis matematis dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika materi teorema Pythagoras kelas VIII MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I MTsN 2 Tulungagung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes kecerdasan logis matematis dan hasil belajar serta angket motivasi. Analisis datanya menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika materi teorema Pythagoras kelas VIII MTsN 2 Tulungagung sebesar (2) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika materi teorema Pythagoras kelas VIII MTsN 2 Tulungagung sebesar . (3) Ada pengaruh kecerdasan logis matematis dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika materi teorema Pythagoras kelas VIII MTsN 2 Tulungagung sebesar

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: BINTI KHOLIFAH 17204163115
Date Deposited: 05 Aug 2020 03:44
Last Modified: 31 May 2021 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15931

Actions (login required)

View Item View Item