PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK SMA/MA KELAS X

LUTVIANA, 17204163082 (2020) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI TRIGONOMETRI UNTUK SMA/MA KELAS X. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Berbasis Scientific Approach pada Materi Trigonometri untuk SMA/MA Kelas X” ini ditulis oleh Lutviana dengan NIM. 17204163082. Dengan pembimbing Dr. Muniri, M. Pd. Kata kunci : Modul, Scientific Approach, Trigonometri Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa belum mampu meningkatkan kemampuan kreatifitas dan kekritisan dalam berfikir, serta masih sulit dalam memahami materi bila diterapkannya sistem belajar yang berpusat pada siswa dengan pendekatan saintifik. Sehingga peneliti mengembangkan produk Modul Trigonometri berbasis Scientific Approach untuk siswa kelas X. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pengembangan modul Trigonometri berbasis Scientific Approach bagi SMA/MA kelas X? (2) Bagaimana kelayakan penggunaan modul Trigonometri berbasis Scientific Approach bagi SMA/MA kelas X? (3) Bagaimana tingkat efektifitas penggunaan modul Trigonometri berbasis Scientific Approach di dalam kelas? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan proses pengembangan modul Trigonometri berbasis Scientific Approach bagi SMA/MA kelas X. (2) Untuk mengetahui kelayakan penggunaan modul Trigonometri berbasis Scientific Approach bagi SMA/MA kelas X. (3) Untuk mengetahui tingkat efektifitas penggunaan modul Trigonometri berbasis Scientific Approach di dalam kelas. Skripsi ini bermanfaat bagi bapak ibu guru MAN 2 Blitar untuk memudahkan dalam menjelaskan materi kepada peserta didik, bagi siswa MAN 2 Blitar modul Trigonometri berbasis Scientific Approach ini dapat memudahkan siswa dalam memahami materi Trigonometri dan dapat membantu siswa dalam meningkatkan kreatifitas. Sedangkan bagi pengguna dan peneliti yang akan datang dapat digunakan untuk referensi dalam penelitian selanjutnya. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara, tes, dan angket. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang MAN 2 Blitar sebelum penelitian dilakukan. Sedangkan wawancara dilakukan untuk mengetahui kendala-kendala atau fenomena-fenomena yang ada dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika di dalam kelas, wawancara ini dilakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada guru kelas. Kemudian tes dan angket digunakan untuk mengetahui tingkat efektifitas penggunaan modul Trigonometri berbasis Scientific Approach di dalam kelas. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul Trigonometri berbasis Scientific Approach lebih efektif daripada tanpa menggunakan modul Trigonometri berbasis Scientific Approach. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh harga U=233 dan p-value=0,000/2=0,000<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima. Sedangkan hasil analisis angket siswa diperoleh tingkat efektifitas sebesar 79% yang mana tergolong dalam kriteria efektif tidak perlu revisi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: LUTVIANA 17204163082
Date Deposited: 04 Sep 2020 07:42
Last Modified: 31 May 2021 06:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15961

Actions (login required)

View Item View Item