HALIMATUS, SA'DIYAH (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MI AL-WATHONIYAH TEGALREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (940kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (154kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III MI Al-Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Halimatus Sa’diyah, NIM: 3217113045, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Realistic Mathematics Education (RME), Hasil Belajar, dan Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pembelajaran matematika di sekolah sejauh ini masih didominasi oleh paradigma pembelajaran konvensional. Siswa diposisikan sebagai objek dalam kegiatan pembelajaran. Materi pembelajaran matematika pun diberikan dalam bentuk jadi, sehingga membuat siswa tidak mampu memahami dengan baik apa yang mereka pelajari. Penguasaan dan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika masih lemah dan kurang mendalam, akibatnya hasil belajar matematika siswa rendah. Hal ini terjadi pula di MI Al-Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung. Untuk menyikapi permasalahan ini, perlu dikembangkan metode yang tepat dan efektif. Dalam pembelajaran matematika ada beberapa metode pembelajaran yang dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah metode pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), yaitu suatu metode yang mengajak siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran serta mampu mengkonstruksi pengetahuan yang dimiliki oleh siswa dengan memperhatikan konteks siswa khususnya anak usia MI yang masih dalam tahap berpikir konkret. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) mata pelajaran matematika pokok bahasan membandingkan pecahan sederhana pada siswa kelas III MI Al-Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar matematika dengan menerapkan metode pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pokok bahasan membandingkan pecahan sederhana pada siswa kelas III MI Al-Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Menerapkan metode pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) mata pelajaran matematika pokok bahasan membandingkan pecahan sederhana pada siswa kelas III MI Al-Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung. 2) Meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan metode pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pokok bahasan membandingkan pecahan sederhana pada siswa kelas III MI Al-Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), karena masalah yang dipecahkan bermula dari praktek pembelajaran di kelas. Proses pelaksanaan penelitian meliputi: (1) tahap perencanaan (plan), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap pengamatan (observe), dan tahap refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III MI Al-Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung pada materi membandingkan pecahan sederhana. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan hasil belajar siswa mulai dari pre test, post test siklus I, sampai post test siklus II. Pada pre test rata-rata nilai siswa hanya 22,64 kemudian pada post test siklus I menjadi 64,08 dan pada post test siklus II naik menjadi 83,04. Presentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 8% (pre test), pada siklus I (57,69%) dan pada siklus II meningkat menjadi 91,30%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Halimatus Sa'diyah |
Date Deposited: | 03 Aug 2015 04:01 |
Last Modified: | 03 Aug 2015 04:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1610 |
Actions (login required)
View Item |