STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI NILAI KARAKTER SOSIAL KEAGAMAAN PADA PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 4 BLITAR

IFTINA DWI NURUL HUDA, 17201163273 (2020) STRATEGI GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI NILAI KARAKTER SOSIAL KEAGAMAAN PADA PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 4 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (966kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (818kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi. “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Sosial Keagamaan Kepada Peserta Didik di MTsN 4 Blitar” ini ditulis oleh Iftina Dwi Nurul Huda, Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM: 17201163273 Tahun 2020 dibimbing oleh Dr. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata Kunci : Strategi, Menanaman, Nilai-Nilai Karakter Sosial Keagamaan Pada saat ini menurunnya akhlak yang dimiliki peserta didik kepada guru maupun orang sekitar sudah banyak terjadi di berbagai daerah. Sebagai seorang guru harus mampu berupaya dan menggunakan beberapa strategi dalam upaya menanamkan akhlak peserta didik, baik itu strategi dalam penyampaian materi agama Islam dengan menggunakan strategi tentang kegiatan apa saja yang harus di laksanakan dalam menanamkan akhlak siswa, karena dengan menggunakan strategi dapat menghasilkan tujuan yang diinginkan dalam pendidikan. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai karakter sosial keagamaan tentang sikap tasamuh pada peserta didik di MTsN 4 Blitar ? 2) Bagaimana strategi guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai karakter sosial keagamaan tentang sikap tawadu’ pada peserta didik di MTsN 4 Blitar ? 3) Bagaimana strategi guru Aqidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai karakter sosial keagamaan tentang sikap ta’awun pada peserta didik di MTsN 4 Blitar ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, dengan lokasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Blitar Desa Sukosewu Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Data yang digali berdasarkan dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketentuan/keajegan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian skripsi ini adalah: 1) Penamaman sikap tasamuh yang dilakukan guru akidah akhlak di kelas menggunakan strategi CTL, strategi inkuri, dan strategi kooperatif, metode pembiasaan dan suri tauladan digunakan juga untuk mempelancar proses pembelajaran yang efektif dan efesien. Sedangkan di luar kelas didukung kegiatan keagamaan seperti kegiatan santunan anak yatim yang di selenggarakan pada bulan Muharrom dan mengajarkan peserta didik untuk bersikap menghargai saat ada yang sholat berjama’ah di masjid tidak boleh menggangu dan ramai di sekitar masjid. Kegiatan ekstrakulikulernya pun juga selalu mendukung seperti extra pramuka, osis dll. 2) Penanaman sikap tawadu’ yang dilakukan guru akidah akhlak di kelas yaitu strategi ekspositori, dan strategi CTL, serta metode keteladan, pembiasaan, sering mengasih nasehat-nasehat, perhatian, dan memberi hukuman. Sedangkan di luar kelas didukung kegiatan mushoffahah dengan guru saat masuk gerbang madrasah dan membiasakan untuk bersikap ramah kepada orang yang sedang berkunjung di madrasah dengan membungkukan kepala dan mengucapkan salam kepada mereka. 3) Penanaman sikap ta’awun yang digunakan guru akidah akhlak di kelas yaitu CTL, dan strategi SPBM serta metode diskusi. Sedangkan di luar kelas didukung dengan kegiataninfa’ secara rutin pada hari jum’at, dan kegiatan ekstrakulikuler yang meliputi kegiatan PMR, pramuka, hadroh, dramben, futsal dll juga mendukung terlaksananya penanaman sikap ta’awun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iftina Dwi Nurul Huda 17201163273
Date Deposited: 25 Sep 2020 03:42
Last Modified: 25 Sep 2020 03:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16244

Actions (login required)

View Item View Item