PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG

OKA ARISANTI, 17201153043 (2019) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MA AT-THOHIRIYAH NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Peserta Didik Di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Oka Arisanti, NIM. 17201153043, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Abdulloh Chakim, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Peran, Guru Akidah Akhlak, Akhlakul Karimah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pentingnya pembentukan akhlakul karimah siswa. Untuk membentuk pribadi yang berakhlak, kekuasaan berakhlak, masyarakat berakhlak merupakan tugas utama umat Islam, yang salah satu pengembangan dan pembinaannya ada pada dunia pendidikan. Hal tersebut tidak lepas dari peran guru akidah akhlak. Fokus penelitian ini adalah 1) Apasajakah nilai-nilai Akhlakul Karimah yang dominan di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung? 2) Bagaimana langkah-langkah guru akidah akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung? 3) Apakah faktorfaktor penghambat dan pendukung guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan Akhlakul Karimah peserta didik di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui nilai-nilai Akhlakul Karimah yang dominan di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung. 2) Untuk mengetahui langkah-langkah guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan Akhlakul Karimah peserta didik di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung guru akidah akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dengan credibility, transferability, dependability dan confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Nilai-nilai akhlakul karimah yang dominan di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung adalah sebagai berikut : Sopan santun, Disiplin dalam melaksanakan kegiatan, Disiplin dalam beribadah, Toleransi dengan sesama teman. 2) Langkah-Langkah Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Di MA At-Thohiriyah Ngantru Tulungagung: a) Metode keteladanan yang dilakukan oleh pendidik dengan cara memberikan contoh secara langsung kepada peserta didik baik berupa ucapan ataupun tindakan, b) Metode pembiasaan merupakan upaya yang dilakukan dengan cara menciptakan sebuah kondisi yang mengharuskan peserta didik untuk melakukan kegiatan yang telah diwajibkan dalam kehidupan sehari-hari, c) metode nasehat merupakan cara pembinaan perilaku akhlakul karimah yang digunakan untuk menegur peserta didik yang melanggar peraturan, d) Metode hukuman merupakan metode yang digunakan manakala terdapat anak asuh yang melanggar tata tertib. 3) Faktor Pendukung Dan Penghambat Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah. a) Faktor Pendukung : MA AtThohiriyah berada di lingkungan pesantren. b) Faktor Penghambat : Latar belakang keluarga peserta didik yang berbeda, Kurangnya kesadaran dalam diri peserta didik, dan Lingkungan di luar sekolah ataupun dirumah peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: OKA ARISANTI 17201153043
Date Deposited: 07 Sep 2020 02:26
Last Modified: 03 May 2021 04:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16318

Actions (login required)

View Item View Item