SITI MUFAROHA, 17204163009 (2020) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR KELAS XI DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (570kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (934kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (198kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (691kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (821kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (695kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (554kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Kelas XI di MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Mufaroha, NIM. 17204163009, Jurusan Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, motivasi Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah, pembelajaran lebih banyak di dominasi oleh guru, sehingga mengakibatkan siswa kurang termotivasi dan kurang menguasai materi. Oleh karena itu, diperlukan suatu pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuannya, salah satunya dengan kemampuan berpikir kritis. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar , (2) untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap motivasi siswa,( 3) untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar dan motivasi siswa dalam menyelesaikan masalah program linear kelas XI di MAN 3 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimen. Teknik sampling yang digunakan adalah Probability Sampling jenis Simple Random Sampling. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI di MAN 3 Tulungagung, sampel yang diambil adalah siswa kelas XI MIA 3. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji Manova. Berdasarkan hasil analisis data diketahui: (1) Ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan masalah program linear kelas XI di MAN 3 Tulungagung. Berdasarkan hasil nilai tes terlihat ada perbedaan, dibuktikan dengan hasil analisis diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap motivasi siswa dalam menyelesaikan masalah program linear kelas XI di MAN 3 Tulungagung. Berdasarkan hasil nilai angket terlihat ada perbedaan, dibuktikan dengan hasil analisis diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar dan motivasi siswa dalam menyelesaikan masalah program linear kelas XI di MAN 3 Tulungagung. Berdasarkan hasil analisis Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hottelling’s Trace, Roy’ diperoleh nilai Signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga keputusannya
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | SITI MUFAROHA 17204163009 |
Date Deposited: | 11 Sep 2020 03:36 |
Last Modified: | 31 May 2021 07:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16387 |
Actions (login required)
View Item |