MADAUL LIMA YUDAH, 17201163365 (2020) PENGARUH SUMBER BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
Cover.pdf Download (791kB) |
||
Text
Abstrak.pdf Download (452kB) |
||
Text
Daftar Isi.pdf Download (170kB) |
||
|
Text
Bab I.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Bab V.pdf Download (557kB) |
||
|
Text
Bab VI.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (391kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Madaul Lima Yudah, NIM. 17201163365, Jurusan Pendidikan Agama Islam , Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing Abdul Aziz Faradi, M.Hum., NIP. 197112281999031002. Kata Kunci: Sumber Belajar, Motivasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa masih rendahnya pemanfaatan sumber belajar siswa dan ada anggapan bahwa guru merupakan satu-satunya sumber belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini berakibat pada rendahnya motivasi belajar siswa untuk mempelajari Pendidikan Agama Islam. Hal ini dikarenakan setiap sumber belajar selalu membawa pesan yang dapat dipergunakan oleh pemakainya. OIeh sebab itu apabila sumber belajar itu dipilih dan digunakan secara tepat maka akan mendapat tiga keuntungan, yaitu : (1) Siswa lebih berminat dalam mengembangkan gagasan; (2) Siswa lebih kreatif dalam mengajukan pertanyaan; (3) Siswa dapat mendemonstrasikan inisiatif dengan menggunakan berbagai macam sumber belajar yang tersedia; (4) Siswa lebih mudah menguasai meteri yang di ajarkan oleh guru. Rumusan Masalah dalam penelitian skripsi ini yaitu : (1) Adakah pengaruh sumber belajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung?, (2) Adakah pengaruh sumber belajar buku paket terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung?, (3) Adakah pengaruh sumber belajar internet terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung?, (4) Adakah pengaruh yang paling dominan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung?. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan teknik sampling, yaitu Proportionate Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada Pengaruh Signifikansi Guru Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung, dengan memperoleh hasil 33,5% sehingga memberikan pengaruh yang cukup kuat. (2) Ada Pengaruh Signifikansi Buku Paket Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung, dengan memperoleh hasil 44,1% sehingga memberikan pengaruh yang cukup kuat. (3) Ada Pengaruh Signifikansi Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sumbergempol Tulungagung, dengan memperoleh hasil 17,4% sehingga memberikan pengaruh yang lemah. (4) Ada Pengaruh Sumber Belajar Yang Paling Dominan Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sumbergempol, yaitu buku paket dengan perolehan hasil perhitungan koefisien determinasi = 44,1%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163365 MADAUL LIMA YUDAH |
Date Deposited: | 11 Sep 2020 06:13 |
Last Modified: | 11 Sep 2020 06:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16397 |
Actions (login required)
View Item |