TRI YULIANA DEWI, 17204163063 (2020) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMPN 2 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (470kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (684kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (648kB) | Preview |
|
Text
Bab IV.pdf Download (698kB) |
||
|
Text
Bab V.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
Bab VI.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (201kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dengan Model Discovery Learning terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Matematika Siswa pada Materi Pokok Perbandingan di Kelas VII SMPN 2 Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Tri Yuliana Dewi, NIM. 17204163063, Pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci : Pendekatan Matematika Realistik, Model Discovery Learning, Hasil Belajar, Motivasi Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya nilai matematika peserta didik yang disebabkan oleh metode guru yang kurang tepat. Oleh karena itu diperlukan pendekatan serta model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar peserta didik. Pendekatan pembelajaran yang dimaksud adalah pendekatan pembelajaran matematika realistik dan model pembelajaran discovery learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) adanya pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model discovery learning terhadap hasil belajar maematika, (2) adanya pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model discovery learning terhadap motivasi belajar matematika, (3) pengaruh yang lebih besar antara pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model discovery learning terhadap hasil atau motivasi belajar matematika siswa pada materi pokok perbandingan di kelas VII SMPN 2 Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk Quasi Experimental Design. Populasi pada penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Kalidawir, sementara sampel yang dipilih adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitia ini menggunakan tekni purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode post test, angket dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai . (2) ada pengaruh penedekatan pembelajaran matematika realsitik dengan model discovery learning terhadap motivasi belajar matematika siswa. Ditunjukkan dengan nilai . (3) pengaruh yang lebih besar adalah pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dengan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi perbandingan di kelas VII SMPN 2 Kalidawir Tulungagung. Hal ini ditunjukkan besar pengaruh terhadap hasil belajar dengan kriteria Gravetter dan Wallnau 0,115 dengan presentase 11,5 %. Sedangkan pengaruh terhadap motivasi belajar dengan kriteria Gravetter dan Wallnau 0,843 dengan presentase 8,43%
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163063 TRI YULIANA DEWI |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 07:23 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 07:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16457 |
Actions (login required)
View Item |