MONIKA AJENG PRAMITA, 17204163205 (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIMPUNAN BERDASARKAN KRITERIA WATSON DI KELAS VII H MTsN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (469kB) |
||
Text
ABSTRAKK.pdf Download (379kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (136kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (919kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (303kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (378kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Berdasarkan Kriteria Watson di Kelas VII H MTsN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Monika Ajeng Pramita, NIM 17204163205, Jurusan Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muniri,M.Pd. Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Himpunan, Kriteria Watson Masalah yang terjadi dalam penelitian ini adalah adanya beberapa kesalahan kesalahan yang dilakukan beberapa siswa kelas VII H MTsN 2 Trenggalek dalam menyelesaikan soal matematika sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Mereka mengalami kesulitan dalam memahami masalah matematika dalam hal penggunaan notasi matematika, penggunaan simbol-simbol matematika, kurang memahami konsep matematika secara mendalam. Peneliti menentukan kategori kesalahan berdasarkan kesalahan kriteria Watson karena kriteria kesalahan menurut Watson sangat cocok untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menjawab soal pada pokok pembahasan materi himpunan karena berkaitan dengan materi yang diajarkan. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: (1) Bagaimana jenis kesalahan yang dilakukan siswa dengan kemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal himpunan berdasarkan kesalahan kriteria Watson di kelas VII H MTsN 2 Trenggalek?, (2) Bagaimana jenis kesalahan yang dilakukan siswa dengan kemampuan sedang dalam menyelesaikan soal himpunan berdasarkan kesalahan kriteria Watson di kelas VII H MTsN 2 Trenggalek?, (3) Bagaimana jenis kesalahan yang dilakukan siswa dengan kemampuan rendah dalam menyelesaikan soal himpunan berdasarkan kesalahan kriteria Watson di kelas VII H MTsN 2 Trenggalek?, (4) Apa faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal himpunan di kelas VII H MTsN 2 Trenggalek?, (5) Apa dampak siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal himpunan di kelas VII H MTsN 2 Trenggalek ?, (6) Bagaimana solusi dalam mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal himpunan di kelas VII H MTsN 2 Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, paparan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian di MTsN 2 Trenggalek tentang Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Himpunan di Kelas VII H MTsN 2 Trenggalek adalah: (1) Siswa berkemampuan matematika tinggi melakukan kesalahan dengan 3 jenis diantaranya data tidak tepat (inappropriate data/id), data hilang (ommited data/od), dan selain ketujuh kategori kesalahan menurut Watson (above other/ao). (2) Siswa berkemampuan sedang melakukan kesalahan dengan 4 jenis diantaranya data tidak tepat (inappropriate data/id), data hilang (ommited data/od), masalah hirarkhi keterampilan (skills hierarchy problem), dan kesimpulan hilang (ommited conclusion/oc). (3) Siswa berkemampuan sedang melakukan kesalahan dengan 6 jenis diantaranya data tidak tepat (inappropriate data/id), prosedur tidak tepat (inappropriate procedure/ip), konflik level respon (response level conflict/rlc), manipulasi tidak langsung (undirected manipulation/um), kesimpulan hilang (ommited data/od), dan selain ketujuh kategori menurut Watson (above other/ao).(4) Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan diantaranya (a) Siswa tidak teliti dalam memilih, menentukan, memasukan data,dan menghitung (b) Siswa kurang memahami konsep dan bentuk soal himpunan (c) Siswa tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal , (d) Siswa tidak menuliskan kesimpulan diakhir jawaban. (5) Dampak siswa melakukan kesalahan diantaranya ada aspek yaitu aspek psikis dan sosial. Aspek psikis siswa tidak bisa mengontrol dirinya sehingga timbul rasa cemas, takut, dan iri sehingga lebih memilih menyontek pekerjaan teman, sedangkan aspek sosial menghambat komunikasi interpersonal,interaksi sosial, dan perilaku sosial.(6) solusi untuk meminimalisir kesalahan siswa diantaranya Memberikan Latihan-latihan soal, Tutor Sebaya, Remidial Teaching, dan Scafolding
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163205 MONIKA AJENG PRAMITA |
Date Deposited: | 16 Sep 2020 04:22 |
Last Modified: | 16 Sep 2020 04:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16533 |
Actions (login required)
View Item |