PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DAN PERMAINAN BERMUATAN AGAMA TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK KELOMPOK B DI TK AL KHODIJAH KEDUNGSOKO TULUNGAGUNG

ZULFA WIJIANA, 17206163078 (2020) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DAN PERMAINAN BERMUATAN AGAMA TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK KELOMPOK B DI TK AL KHODIJAH KEDUNGSOKO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (108kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Audio Visual dan Permainan Bermuatan Agama terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Kelompok B di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung” ini ditulis oleh Zulfa Wijiana, NIM 17206163078, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang di bimbing oleh Bapak Dr. Adi Wijayanto, S.Or.,S.Kom.,M.Pd.,AIFO. Kata Kunci : Media Audio Visual, Permainan Bermuatan Agama, Perkembangan Nilai Agama dan Moral Penelitian ini dilatar belakangi oleh Permasalahan mengenai pergeseran nilai yang dialami oleh anak-anak yang dimulai dari perilaku tidak sopan yang ditujukan oleh anak kepada gurunya. mengingat agama dan moral sebagai landasan agar anak berperilaku baik, baik secara lisan maupun tulisan. Oleh karena itu sudah seyogyanya nilai agama dan moral perlu distimulasi sejak dini. Untuk meningkatkan perkembangan nilai agama dan moral anak salah satunya dengan menggunakan media audio visual dan permainan bermuatan agama. Diharapkan dengan media dan permainan ini anak dapat mengembangkan rasa bersyukur, sikap jujur, dan melakukan ibadah sehari-hari khususnya berdoa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1). Apakah ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak kelompok B TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung? (2). Apakah ada pengaruh permainan bermuatan agama terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak kelompok B TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung? (3). Seberapa besar pengaruh penggunaan media audio visual dan permainan bermuatan agama terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak kelompok B TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh media audio visual dan permainan bermuatan agama terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak kelompok B di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. Dalam penelitian ini digunakan jenis pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Metode observasi menggunakan check list untuk mengetahui perkembangan nilai agama dan moral anak dan dokumentasi digunakan untuk mencari informasi data tentang populasi, sampel, sarana, prasarana serta dokumen yang ada di lembaga. Uji yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji paired T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh media audio visual dan permainan bermuatan agama terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak dengan uji paired sig 0,00 < 0,05 sehingga Ha dapat diterima. Untuk menghitung seberapa besar media audio visual dan permainan bermuatan agama terhadap perkembangan nilai agama dan moral anak menggunakan uji paired T-Test.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206163078 ZULFA WIJIANA
Date Deposited: 24 Sep 2020 01:46
Last Modified: 24 Sep 2020 01:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16626

Actions (login required)

View Item View Item