PENGARUH PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

TIO ARI LAKSONO, 17201163294 (2020) PENGARUH PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Program Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Tio Ari Laksono, NIM. 17201163294, pembimbing Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Minat Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi atas munculnya Perpres Nomor 87 Tahun 2017 mengenai Program Penguatan Pendidikan Karakter atau dikenal dengan istilah PPK. Dengan adanya implementasi program PPK ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan Nasional dan melahirkan generasi bangsa yang memiliki kompetensi dari sisi pengetahuan, sikap, dan ketrampilan, serta mampu menjawab tantangan zaman yang semakin kompleks dan dinamis. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh program penguatan pendidikan karakter (PPK) terhadap minat belajar peserta didik pada matapelajaran PAI kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung? (2) Adakah pengaruh program penguatan pendidikan karakter (PPK) terhadap hasil belajar peserta didik pada matapelajaran PAI kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung? (3) Adakah pengaruh secara bersama-sama program penguatan pendidikan karakter (PPK) terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada matapelajaran PAI Kels X MIPA di SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh program penguatan pendidikan karakter (PPK) terhadap minat belajar peserta didik pada matapelajaran PAI kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung, (2) Untuk menjelaskan pengaruh program penguatan pendidikan karakter (PPK) terhadap hasil belajar peserta didik pada matapelajaran PAI kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung, (3) Untuk menjelaskan pengaruh secara bersama-sama program penguatan pendidikan karakter (PPK) terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada matapelajaran PAI kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung untuk dapat dijadikan kebijakan bagi kepala sekolah dalam menyusun program pembelajaran serta memperbaiki kualitas pembelajaran. Bagi para guru SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung untuk dapat dijadikan masukan dan pandangan baru dalam upaya meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung. Bagi peserta didik SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung diharapkan peserta didik lebih mudah memahami materi pembelajaran dan dapat meningkatkan hasild belajar siswa. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif jenis korelasi. Sumber data yang digali adalah peserta didik. Dalam penelitian ini digunakan metode angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data mengenai program penguatan pendidikan karakter serta minat belajar peserta didik. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, serta data hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara program penguatan pendidikan karakter terhadap minat dan hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan nilai p value / signifikansi t untuk minat belajar peserta didik adalah 0,016, untuk hasil belajar peserta didik adalah 0,003, serta pengaruh secara bersama-sama minat dan hasil belajar peserta didik adalah 0,000 dan semua nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Penelitian ini selaras dengan hipotesis (H1), yaitu ada pengaruh yang signifikan program penguatan pendidikan karakter terhadap minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa 17201163294 Tio Ari Laksono
Date Deposited: 27 Nov 2020 03:53
Last Modified: 27 Nov 2020 03:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16770

Actions (login required)

View Item View Item