PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS III MI MAFATIHUL ULUM BALESONO NGUNUT TULUNGAGUNG

JANAH, RODLOTUL (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS III MI MAFATIHUL ULUM BALESONO NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
01. cover.pdf

Download (192kB)
[img] Text
04. MOTTO.pdf

Download (62kB)
[img]
Preview
Text
05. PERSEMBAHAN.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text
08. abstrak.pdf

Download (141kB)
[img]
Preview
Text
09. BAB I rvs.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB III.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB IV new.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V new.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR RUJUKAN rvs.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pmbelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievemen Division Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas III MI Mafatihul Ulum Balesono Ngunut Tulung”, ini ditulis oleh Rodlotul Janah dibimbing oleh H.Zaini, S.Ag.,M.Pd.I. Kata Kunci: STAD, Prestasi Belajar dan Aqidah Akhlak, MI Mafatihul Ulum Balesono Ngunut Tulungagung Perlu kita ketahui bahwa kemempuan antar siswa satu dengan yang lain itu berbeda-beda, hal itulah yang menyebabkan daya diperlukan model belajar yang diajarkan juga berbeda-beda. Untuk itu diperlukan model belajar yang dapat menanam pemahaman konsep dasar pada siswa sebagai acuan dalam memahami konsep selanjutnya. Salah satu model yang dapat diterapkan pada pembelajaran Aqidah Akhlak yang berkembang saat ini adalah model pembelajaran kooperatif. Model ini merupakan konsep pembelajaran yang membantu guru memanfaatkan kelompok-kelompok kecil siswa yang bekerja bersama untuk mencapai sasaran belajar dan memungkinkan peserta didik memaksimalkan proses pembelajaran satu sama lain. Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada adanya aktifitas dan interaksi untuk memotivasi peserta didik saling membantu menguasai materi pembelajaran agar dapatmencapai prestasi yang maksimal dengan membentuk kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 siswa secara heterogen. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran Aqidah Akhkaq pokok bahasan Akhlak Terpuji siswa kelas III MI Mafatihul Ulum Balesono Ngunut Tulungagung. (2) Bagaimanakah penerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams- Achievement Division (STAD)) dapat meningkatkat prestasi belajar pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq pokok bahasan Akhlak Terpuji siswa kelas III MI Mafatihul Ulum Balesono Ngunut Tulungagung Manfaat Manfaat penelitian ini adalah 1) secara teoritis yaitu hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang pendididkan, khususnya tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teamsachievemen division (STAD) untuk meningkatkan prestasi belajar aqidah akhlak, secara praktis yaitu a) bagi kepala sekolah dan para guru MI Mafatihul Ulum Balesono adalah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan kebijakan dan pertimbangan untuk upaya meningkatkan proses belajar mengajar, b) bagi peneliti selanjutnya adalah dapat menambah pengetahuan, wawasan dan sarana dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, c) bagi peneliti adalah hasil penelitian ini untuk menambah wawasan, refrensi dan kajian untuk meningkatkn keberhasilan dalam proses pendidikan melalui pembelajaran kooperatif tipe student teams-achievemen division (STAD) dalam pembelajaran di sekolahan, d) bagi perpustakaan IAIN Tulungagung adalah hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan koleksi dan refrensi pendidikan untuk sumber belajar atau bacaan bagi mahasiswa lainnya. Metode jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian adalah kelas III MI Mafatihul Ulum Balesono Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 11 siswa. Instrument yang digunakan peneliti adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, wawancara, cacatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II aktifitas peneliti dan siswa mengalami peningkatan. Aktifitas peneliti siklus I 76,16% menjadi 86,15% pada siklus II, sedangkan aktifitas peserta didik siklus I 78,3% menjadi 89,17% pada siklus II. Sedangkan pada hasil belajar, ratarata nilai siswa, mengalami peningkatan yaitu rata-rata nilai tes awal 38,4; ratarata tes akhir siklus I 69,78; dan rata-rata tes akhir siklus II 77,81. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: JANAH RODLOTUL
Date Deposited: 08 Jul 2015 04:43
Last Modified: 08 Jul 2015 04:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1682

Actions (login required)

View Item View Item