PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC KELAS VII SEMESTER 2 SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

SLAMET, WIDODO (2015) PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC KELAS VII SEMESTER 2 SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. [ Skripsi ]

[img] Text
1. BAGIAN AWAL.pdf

Download (692kB)
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB III.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Buku Ajar Matematika dengan Pendekatan Scientific Kelas VII Semester 2 sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” ini ditulis oleh Slamet Widodo dan dibimbing oleh Ibu Dr. Eni Setyowati, S.Pd., MM. Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Buku Ajar Pengembangan bahan ajar di era globalisasi sangat penting dan berguna untuk meningkatkan kompetensi pendidik. Tak lepas dari itu bahan ajar yang baik harus dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Asumsi ini yang sampai sekarang tetap menjadikan bahan ajar sebagai media penyalur ilmu. Buku ajar merupakan salah satu bahan ajar yang banyak digunakan di kalangan sekolah sampai pada saat ini. Tak bisa dipungkiri bahwa hampir semua sekolah selalu menggunakan buku dalam kegiatan pembelajaran saat ini. Dalam pengembangan buku ajar juga tak lepas dari siklus pengembangan yang cocok. Borg & Gall adalah salah satu pencetus siklus pengembangan produk yang meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan data (research and information colleting), (2) perencanaan (planning), (3) pengembangan draft produk (develop preliminary form of product), (4) uji coba lapangan (preliminary field testing), (5) penyempurnaan produk awal (main product revision), (6) uji coba lapangan (main field testing), (7) menyempurnakan produk hasil uji lapangan (operational product revision), (8) uji pelaksanaan lapangan (operasional field testing), (9) penyempurnaan produk akhir (final product revision), dan (10) diseminasi dan implementasi (disemination and implementation). Siklus tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan buku ajar dengan beberapa modifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar yakni buku ajar yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi aritmatika sosial. Buku ajar merupakan buku yang disusun berdasarkan mata pelajaran tertentu dan berisi bahan yang telah diseleksi untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran, ditulis dengan suatu tujuan instruktsional, disusun secara sistematis mengikuti strategi pembelajaran tertentu, serta diperuntukkan untuk siswa sebagai bekal pengetahuan dasar dan digunakan sebagai sarana belajar. Dalam pengembangan buku ajar ini, pengembang menggunakan pendekatan scientific untuk penyajian materi di dalamnya. Pendekatan ilmiah (scientific approach) dalam pembelajaran sebagaimana yang dimaksud meliputi komunikasi (communication), menalar/asosiasi, mencoba/mengumpulkan informasi, menanya, mengamati. Pendekatan ini bercirikan penonjolan dimensi pengamatan, penalaran, penemuan, pengabsahan, dan penjelasan tentang suatu kebenaran. Dengan demikian, proses pembelajaran harus dilaksanakan dengan dipandu nilai-nilai, prinsip-prinsip, atau kriteria ilmiah Adapun dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) atau yang lebih dikenal dengan istilah R & D. Dalam pengembangan ini, buku ajar divalidasi oleh ahli bahan ajar, ahli pendekatan scientific, ahli materi serta uji manfaat pengguna. Sedangkan untuk mengetahui keberhasilan buku ajar digunakan tes dalam pengambilan data. Metode analisis data menggunakan uji perbandingan dua kelompok bebas yakni menggunakan uji independent t-test. Uji independent t-test dalam analisis data ini memperoleh nilai t hitung manual sebesar 4,454. Sedangkan t tabel pada taraf signikansi 2,5% dan 5% mempunyai nilai sebesar 1,990 dan 1,664. Db yang digunakan pada perhitungan manual dan untuk memeriksa nilai t tabel adalah 80. Sedangkan hasil uji menggunakan SPSS 16.0 menghasilkan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan antara kelas penerapan Buku Ajar dengan kelas kontrol. Dari data perhitungan manual dan hasil output SPSS 16.0 dapat diambil kesimpulan akhir bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikansi antara kelas tindakan (penerapan Buku Ajar) dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata post test kelas penerapan Buku Ajar 77,85. Nilai ini lebih baik 14,8 daripada nilai rata-rata kelas kontrol yakni 63,05. Setelah dilakukan perbandingan dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan nilai yang signifikan antara kelas penerapan Buku Ajar dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa produk pengembangan buku ajar matematika dengan pendekatan scientific untuk kelas VII semester 2 merupakan produk pengembangan yang valid dan efektif. Ini terbukti dari hasil penelitian pengembang di UPTD SMPN 1 Ngunut bahwa Buku Ajar dapat meningkatkan nilai kelas VII-E UPTD SMPN 1 Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: SLAMET WIDODO
Date Deposited: 05 Aug 2015 03:29
Last Modified: 05 Aug 2015 03:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1697

Actions (login required)

View Item View Item