HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS. DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

DWI YUNI NELY LASYAVIRA, 17201163098 (2020) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS. DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (378kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Dwi Yuni Nely Lasyavira, NIM: 17201163098, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Tahun 2020 dibimbing oleh Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar Dalam mencapai suatu tujuan pendidikan, seseorang memerlukan sebuah dorongan atau motivasi. Motivasi merupakan sesuatu yang ada dalam diri seseorang. Motivasi merupakan suatu penggerak orang tersebut untuk mencapai tujan yang ingin dicapai. Dalam ranah belajar, motivasi ada dua macam yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Kedua hal tersebut sama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dalam belajar. Berdasarkan latar belakang itulah penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar yang ada di lapangan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah hubungan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? (2) Adakah hubungan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? (3) Adakah hubungan motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? Penulisan skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Tulungagung yang berjumlah 160 peserta didik. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Sampelnya berjumlah 40 siswa yang diambil dari setiap kelas secara acak. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Analisis datanya menggunakan dua uji yaitu: a) uji prasyarat yaitu dengan uji normalitas dan uji linearitas), b) uji hipotesis yaitu dengan analisis korelasi product moment, dan uji chi square. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi intrinsik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, dengan perolehan hasil nilai > yakni(0,955 > 0,312) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, dengan perolehan hasil nilai > yakni (0,372 > 0,312) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs. Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, dengan perolehan hasil nilai > yakni (0,564 > 0,312) artinya H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163098 DWI YUNI NELY LASYAVIRA
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:18
Last Modified: 18 Jan 2021 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17003

Actions (login required)

View Item View Item