AMRIE ARDHINA, 17206163038 (2020) PEMBELAJARAN SAINS DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI DI RA AL KHODIJAH PURWOREJO NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (707kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (446kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (434kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (793kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Amrie Ardhina, NIM.17206163038, Pembelajaran Sains dalam Mengembangkan Kognitif pada Anak Usia Dini di RA A1 Khodijah Purworejo Ngunut Tulungagung, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, IAIN Tulungagung, 2020, Pembimbing : Errifa Susilo, M.Pd Kata Kunci : Pembelajaran Sains, Mengembangkan Kognitif, Anak Usia Dini Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya pembelajaran sains yang menarik anak ketika melakukan eksperimen atau percobaan, sehingga anak mengetahui sebab-akibat secara nyata dari kegiatan pembelajaran. Serta untuk mengembangkan aspek perkembangan anak, salah satunya adalah kognitif. Pembelajaran dengan kegiatan percobaan dapat meningkatkan pengetahuan anak berupa sebab akibat yang nantinya akan di gunakan dalam kehidupan pada lingkungan sekitar anak. Fokus penelitian dalam penulisan ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran sains dalam mengembangkan kognitif pada anak usia dini kelompok B di RA Al Khodijah Purworejo Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran sains dalam mengembangkan kognitif pada anak usia dini kelompok B di RA Al Khodijah Purworejo Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana asesmen pembelajaran sains dalam mengembangkan kognitif pada anak usia dini kelompok B di RA Al Khodijah Purworejo Ngunut Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran sains dalam mengembangkan kognitif pada anak usia dini kelompok B RA Al Khodijah Purworejo Ngunut Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran sains dengan perencanaan yang baik akan menghasilkan pembelajaran yang di harapkan, terbukti ketika penggunaan metode eksperimen dapat menambah pengetahuan secara nyata oleh peserta didik. Pengetahuan tersebut yang nantinya akan di gunakan pada kehidupan nya yang akan datang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 17206163038 Amrie Ardhina |
Date Deposited: | 17 Nov 2020 02:35 |
Last Modified: | 17 Nov 2020 02:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17218 |
Actions (login required)
View Item |