AYUSIANTA SUCI WULANDARI, 17201163274 (2020) PENERAPAN KITAB ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALIM PADA PENDIDIKAN AKHLAK BAGI PESERTA DIDIK DI MTs DARUSSALAM KADEMANGAN BITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (396kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (72kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (425kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (773kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (315kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (223kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’alim pada Pendidikan Akhlak bagi Pserta Didik di MTs Darussalam Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Ayusianta Suci Wulandari, NIM. 17201163274, Jurusan Pendidkan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh ibu Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata kunci: Pendidikan Akhlak, Peserta Didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi saat ini bahwa semakin banyak kemerosotan moral yang melanda generasi muda, terutama dalam dunia pendidikan. Salah satu perhatian madrasah dalam mengatasi hal tersebut adalah dengan diadakanya pembelajaran kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’alim yang belum tentu dimiliki madrasah lainnya, yang mana pembelajaran kitab Adab al-‘Alim wa al Muta’alim adalah suatu cara untuk membentuk pendidikan akhlak dan kepribadian peserta didik. Adapun yang menjadi fokus penelitian adalah (1) bagaimana penerapan kitab Adab al ‘Alim wa al-Mua’alim pada pendidikan akhlak bagi peserta didik di MTs Darussalam Kademangan Blitar? (2) bagaimana hambatan penerapan kitab Adab al-‘Alim wa al Mua’alim pada pendidikan akhlak bagi peserta didik di MTs Darussalam Kademangan Blitar? (3) bagaimana keberhasilan penerapan kitab Adab al-‘Alim wa al-Mua’alim pada pendidikan akhlak bagi peserta didik di MTs Darussalam Kademangan Blitar? Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kesiswaan, guru aqidah akhlak, guru kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’alim, dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan kitab Adab al-‘Alim wa al Muta’alim dalam pendidikan akhlak bagi peserta didik di MTs Darussalam Kademangan Blitar adalah (a) penerapan akhlak pribadi seorang murid dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’alim yang diterapkan di MTs Darussalam diantaranya yaitu guru mrmbiasakan peserta didik untuk membagusi niat ketika belajar, mempraktikkan puasa sunnah Senin Kamis, membiasakan tidak adanya jam kosong. (b) penerapan akhlak murid kepada guru dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’alim, yang diterapkan di MTs Darussalam diantaranya yaitu mencari pendidik yang kenyangpengalaman ilmu agama dengan memilih guru agama yang alumni pondok pesantren, bersalaman kepada Bapak Ibu guru sebelum masuk kelas untuk melatih rasa tawadhu’, bertawashul kepada para guru dan pengarang kitab sebelum memulai pelajaran, memberi salam dan meminta izin ketika hendak menemui guru, berkomunikasi mengggunakan bahasa yang sopan. (c) penerapan akhlak murid ketika belajar dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’alim, yang diterapkan di MTs Darussalam diantaranya yaitu, mempelajari ilmu hal yang berkaitan dengan fiqih, tauhid, al-Qur’an dan hadits, mencatat hal-hal yang penting dari keterangan guru, selalu hadir dalam majlis pembelajaran, tidak malu bertanya. (2) hambatan penerapan kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’alim pada pendidikan akhlak bagi peserta didik di MTs Darussalam Kademangan Blitar adalah adanya hambatan dari dalam diri peserta didik yang kurang memahami tentang tulisan arab jawa (huruf pegon) dan hambatan dari luar diri peserta didik yang berupa lingkungan keluarga yang kurang harmonis. (3) keberhasilan penerapan kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’alim adalah karena adanya keberhasilan dari dalam diri peserta didik yang berupa faktor intelegensi, sehingga peserta didik mudah untuk memahami materi dan mudah untuk mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, adapun keberhasilan dari luar diri peserta didik yang brupa lingkungan keluarga maupun madrasah yang mendukung dalam penerapan pendidikan akhlak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163274 AYUSIANTA SUCI WULANDARI |
Date Deposited: | 14 Dec 2020 02:35 |
Last Modified: | 14 Dec 2020 02:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17275 |
Actions (login required)
View Item |