BAICITA PASARI, 17204163184 (2020) PENALARAN DEDUKTIF MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN EXTROVERT INTROVERT DI MTsN 1 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (811kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (133kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (112kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penalaran Deduktif Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Extrovert Introvert Di MTsN 1 Blitar” ini ditulis oleh Baicita Pasari, NIM. 17204163184, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata 1 Institut Agama Islam Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Penalaran Deduktif, Tipe Kepribadian, Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Dunia pendidikan pada dasarnya sebagai fungsi dalam upaya memberikan pengetahuan, wawasan, keterampilan, serta keahlian tertentu pada manusia. Pendidikan dalam ilmu pengetahuan matematika tentunya akan lebih menekankan pada aktivitas dalam dunia penalaran. Kemampuan penalaran pada siswa dalam bidang pendidikan sendiri memiliki tingkat yang berbeda. Perbedaan dalam penalaran tersebut berpengaruh terhadap proses berfikir pada siswa. Dan proses berfikir pada tiap siswa dalam menyelesaikan masalah tentunya berbeda. Perbedaan dalam proses berfikir tersebut akan melatarbelakangi pada perbedaan kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan penalaran deduktif matematis siswa yang memiliki kepribadian extrovert, (2) mendeskripsikan kemampuan penalaran deduktif matematis siswa yang memiliki kepribadian introvert. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini ada 4 siswa dengan tipe kepribadian yang berbeda dari 32 siswa kelas di VII-3, yang terdiri dari 2 siswa kepribadian extrovert dan 2 siswa kepribadian introvert. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, hasil tes tulis dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model dari Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini, menunjukkan: (1) penalaran deduktif matematis siswa dengan tipe kepribadian extrovert hanya mampu memenuhi indikator melaksanakan perhitungan berdasarkan aturan atau rumus tertentu dan memperkirakan jawaban atau proses solusi. (2) penalan deduktif matematis siswa dengan tipe kepribadian introvert mampu memenuhi indikator dalam melaksanakan perhitungan berdasarkan aturan atau rumus tertentu, memperkirakan jawaban atau proses solusi, serta mampu dalam penarikan kesimpulan yang logis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163184 BAICITA PASARI |
Date Deposited: | 02 Dec 2020 06:57 |
Last Modified: | 02 Dec 2020 06:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17288 |
Actions (login required)
View Item |