KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII MTS DARUL HIKMAH

SITI ASNA MILADIYAH, 17204163143 (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII MTS DARUL HIKMAH. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (936kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (91kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras ditinjau dari Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII MTs Darul Hikmah” ditulis oleh Siti Asna Miladiyah, NIM. 17204163143. Pembimbing: Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Matematis, Penyelesaian Masalah, Pemahaman Konsep Matematika Berpikir merupakan suatu aktifitas yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Berpikir juga merupakan pilar yang paling utama dalam pembelajaran. Salah satu aspek khusus dalam pembelajaran adalah berpikir matematis. Pada konteks matematika, pemahaman konsep sangat berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir matematis. Oleh karena itu, peneliti akan menganalisis kemampuan berpikir matematis berdasarkan pemahaman konsep matematika siswa. Pemahaman konsep matematika disini akan dikelompokkan menjadi 3, yaitu pemahaman konsep matematika tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) kemampuan berpikir matematis siswa dengan pemahaman konsep matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras, (2) kemampuan berpikir matematis siswa dengan pemahaman konsep matematika sedang dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras, dan (3) kemampuan berpikir matematis siswa dengan pemahaman konsep matematika rendah dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di MTs Darul Hikmah Tulungagung dengan subjek penelitian diambil 6 siswa yang digolongkan berdasarkan pemahaman konsep matematika yang dimiliki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan cara: (1) ketekunan atau keajegan pengamatan, (2) triangulasi, dan (3) pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan pemahaman konsep matematika tinggi memenuhi kemampuan berpikir matematis pada indikator mengidentifikasi masalah, menyusun strategi penyelesaian, menetapkan rumus yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah, melakukan penyelesaian masalah, dan membuat kesimpulan terhadap hasil yang diperoleh. (2) Siswa dengan pemahaman konsep matematika sedang hanya memenuhi kemampuan berpikir matematis pada indikator mengidentifikasi masalah, menyusun strategi penyelesaian, dan menetapkan rumus yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah. (3) Siswa dengan pemahaman konsep matematika rendah hanya memenuhi kemampuan berpikir matematis pada indikator mengidentifikasi masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163143 siti asna miladiyah
Date Deposited: 29 Dec 2020 03:58
Last Modified: 29 Dec 2020 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17512

Actions (login required)

View Item View Item