PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN SEKS SEBAGAI UPAYA MEMINIMALISIR KEKERASAN SEKSUAL DI SD NEGERI MINGGIRSARI

NOVIANA ELIYA DWI PURWANDI, 17306163091 (2020) PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN SEKS SEBAGAI UPAYA MEMINIMALISIR KEKERASAN SEKSUAL DI SD NEGERI MINGGIRSARI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Noviana Eliya Dwi Purwandi, 2020, 17306164091, Pengembangan Modul Pendidikan Seks Sebagai Upaya Meminimalisir Kekerasan Seksual Di SDN Minggirsari, Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Iain Tulungagung, Pembimbing: Muh. Sholihuddin Zuhdi, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan Modul, Pendidikan Seks, Guru, Sekolah Dasar Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Modul Pendidikan Seks yang layak untuk digunakan sebagai penunjang bahan ajar untuk guru yang berkaitan dengan pendidikan seks di SDN Minggirsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi langkah-langkah dari Borg & Gall. Prosedur penelitian pengembangan yang digunakan terdiri dari 1) Penelitian dan Pengumpulan Informasi, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan Produk Awal, 4) Validasi Produk, 5) Revisi Produk Awal, dan 6) Uji Coba Lapangan Kelompok Kecil. Pada tahap validasi produk dinilai oleh tiga validator ahli yaitu validator ahli media, validator ahli materi serta dinilai oleh validator pengguna yaitu guru. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Minggirsari. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara dan kuesioner, dengan instrument data berupa kuesioner. Teknik analisi data penelitian menggunakan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk modul pendidikan seks yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar untuk guru. Kelayakan produk modul pendidikan seks ini didasarkan pada hasil validasi media yang memperoleh rata-rata skor 93,3% dengan kategori sangat layak, hasil validasi materi yang memperoleh rata-rata skor 79,87% dengan kategori layak dan hasil validasi pengguna yang memperoleh rata-rata skor 71,42% dengan kategori layak. Kelayakan produk Modul Pendidikan Seks ini juga diperkuat dengan hasil penilaian guru pada uji coba lapangan kelompok kecil yang memperoleh rata rata skor 81,25% dengan kategori sangat layak. Jika semua hasil skor dirata-rata akan memperoleh skor sebanyak 81,46% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 17306163091 NOVIANA ELIYA DWI PURWANDI
Date Deposited: 30 Dec 2020 07:16
Last Modified: 30 Dec 2020 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17514

Actions (login required)

View Item View Item