ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA UNGGULAN 2 DALAM MENYELESAIKAN SOAL PELUANG DI MAN TULUNGAGUNG 1 TAHUN AJARAN 2014/2015

SITI KHOIRUN, NISAK (2015) ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA UNGGULAN 2 DALAM MENYELESAIKAN SOAL PELUANG DI MAN TULUNGAGUNG 1 TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Bagian Awal.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Proses Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA Unggulan 2 dalam Menyelesaikan Soal Peluang di MAN Tulungagung 1 Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Siti Khoirun Nisak, pembimbing Bapak Syaiful Hadi, M. Pd. Kenyataan yang kurang membanggakan di kalangan siswa khususnya remaja diantaranya kenakalan remaja, pergaulan bebas dan penggunaan obat-obatan terlarang serta kejenuhan terhadap matematika menunjukkan siswa belum memiliki kepekaan pikiran terhadap situasi sekitar khususnya matematika. Dalam hal ini peneliti menganalisis proses berpikir kritis siswa kelas XI IPA Unggulan 2 dalam menyelesaikan soal peluang di MAN Tulungagung 1. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa kelas XI IPA Unggulan 2 MAN Tulungagung 1 yang berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal peluang, (2) untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa kelas XI IPA Unggulan 2 MAN Tulungagung 1 yang berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal peluang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi, penyajian data dan penafsiran kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini menggunakan kriteria derajat kepercayaan yaitu dengan teknik triangulasi dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan tinggi dalam memahami masalah di soal peluang cenderung belum memahami solusi dari persoalan secara tepat. Siswa belum mampu mengaitkan antar konsep dari persoalan. Dalam merencanakan, semua siswa mencari strategi untuk menyelesaikan semua, namun siswa cenderung bekerja sama dengan temannya dalam menyelesaikan persoalan, padahal soal yang diberikan adalah soal individu. Dalam melaksanakan, beberapa siswa masih belum percaya diri atau bekerja sama dengan temannya. Semua siswa menuliskan cara dan proses perolehan jawaban, namun beberapa siswa masih kurang benar dalam menulis simbol. Dalam melihat kembali, siswa cenderung kurang mencermati solusi dari persoalan, siswa berpikir sepintas sehingga meyakini hanya satu cara untuk menyelesaikan soal. Sedangkan siswa yang berkemampuan sedang dalam memahami masalah di soal peluang cenderung belum memahami solusi dari persoalan secara benar. Siswa belum mampu mengaitkan antar konsep dari persoalan. Dalam merencanakan, hampir semua siswa mencari strategi untuk menyelesaikan semua persoalan, namun siswa cenderung bekerja sama dengan temannya dalam menyelesaikan persoalan, padahal soal yang diberikan adalah soal individu. Dalam melaksanakan, beberapa siswa masih belum percaya diri atau bekerja sama dengan temannya. Hampir semua siswa menuliskan cara dan proses perolehan jawaban dalam menjwab semua soal, namun beberapa siswa masih kurang benar dalam menulis simbol. Dalam melihat kembali, siswa cenderung kurang mencermati solusi dari persoalan, siswa berpikir sepintas sehingga meyakini hanya satu cara untuk menyelesaikan soal. Kata kunci: berpikir kritis, penyelesaian persoalan, peluan

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: SITI KHOIRUN NISAK
Date Deposited: 13 Aug 2015 07:12
Last Modified: 13 Aug 2015 07:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1755

Actions (login required)

View Item View Item