PENERAPAN MEMBACA AL-QUR’AN DALAM MENGURANGI PERILAKU TERLAMBAT PADA SISWA DI MAN 3 BLITAR

ERVAN RIZQI NURMAWAN, 17306163104 (2020) PENERAPAN MEMBACA AL-QUR’AN DALAM MENGURANGI PERILAKU TERLAMBAT PADA SISWA DI MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Penerapan Membaca AL-Qur’an dalam mengurangi perilaku terlambat pada siswa di MAN 3 Blitar” di tulis oleh Ervan Rizqi Nurmawan. NIM. 17306163104 Jurusan Bimbingan konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Penerapan, Membaca Al-Qur’an. Perilaku Terlambat Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan yang dilakukan guru BK di MAN 3 Blitar untuk mengurangi perilaku terlambat siswa dengan membaca AlQur’an. Penerapan membaca Al-Qur’an sebagai bentuk punishment di tujukkan sebagai pengganti dari bentuk punishment fisik maupun lainnya. Sebagai guru BK memiliki keharusan untuk mengasuh dan mendidik pribadi dan karakter siswa yang bertujuan mengembangkan dan mendidik siswa. Dalam mencapai kesuksesan pembelajaran di perlukan keseriusan dalam mendidik sisiwa khususnya dalam perilaku yang melanggar tata tertib di sekolahan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peranan membaca Al-qur’an dalam mengurangi perilaku terlambat siswa di MAN 3 Blitar, serta mengetahui bagaimana gambaran keadaan siswa dan alasan-alasan yang sering dikemukakan oleh siswa serta pelaksanan membaca Al-Qur’an sebagai bentuk Punisment. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan informan dalam penelitain ini guru BK, satpam dan siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan alat pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dari hasil penelitian ini, dilakukan berdasarkan analisi deskriptif, analisis tersebut terdiri dari tiga alur analisi yang berinteraksi yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1. Bahwa keadaan siswa siswi yang mengalami perilaku terlambat datang ke sekoah masih sering terjadi. 2. Alasan-alasan yang sering dikemukakan oleh siswa yang datan terlambat banyak faktornya, mulai dari kendala kendaraan dan alam bahkan karena rumah dekat menjadikan siswa maupun siswi terlambat. 3. Penerapan membaca al-qur’an mampu membantu mengurangi perilaku siswa terlambat, hal ini dikarenakan peranan guru BK sangat berpengaruh dalam pelaksanaan kegiatan ini, selain bentuk Punisment guru Bk juga memberikan nasihat dan himbauan agar dapat merubah perilaku siswa tersebut menjadi lebih tertib dan mematuhi aturan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: S1 17306163104 ERVAN RIZQI NURMAWAN
Date Deposited: 18 Jan 2021 07:47
Last Modified: 27 Apr 2021 03:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17710

Actions (login required)

View Item View Item