LILIS SUHERIN, 17206163069 (2020) PENANAMAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE STORYTELLING DI RAUDLATUL ATHFAL AL FAJAR TUGU REJOTANGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Suherin, Lilis. 17206163069.2020 “Penanaman Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini Melalui Metode Metode Storytelling di Raudlatul Athfal Al Fajar Tugu Rejotangan“ Jurusan Pendidikan Anak usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Ibu Errifa Susilo, M.Pd. Kata Kunci : Penanaman, Nilai Agama dan Maral, Metode storytelling Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh alasan bahwa penanaman nilai agama dan moral membutuhkan suatu metode yang sesuai dengan anak usia dini. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tentang penanaman nilai agama dan moral anak usia dini melalui metode storytelling di RA AlFajar Tugu Rejotangan Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi dari penanaman nilai agama dan moral anak usia dinimelalui metode storytelling di RA Al Fajar Tugu Rejotangan Tulungagung? 2) Apa kendala dari penanaman nilai agama dan moral anak usia dini melalui metode storytelling di RA Al Fajar Tugu Rejotangan Tulungagung? 3) Bagaimana hasil dari penanaman nilai agama dan moral anak usia dini melalui metode storytelling di RA Al Fajar Tugu Rejotangan Tulungagung? Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperolah berupa kata-kata yang kemudian berusaha dideskripsikan dalam bentuk naratif .Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dalam implementasi penanaman nilai agama dan moral anak usia dini melalui metode storytelling di RA Al Fajar Tugu diantaranya yaitu:1)Perencanaan penanaman nilai agama dan moral anak melalui storytelling di RA Al Fajar yaitu menyusun prota, promes, RPPM sertaRPPH,menentukan tema cerita, serta media yang digunakan 2) pelaksanaan, guru menerapkan metode pembelajaran storytelling untuk menanamkan nilai agama dan moral pada anak ini dengan memasukkan nilai nilai positif dalam cerita. 3) Tahap ketiga yaitu evaluasi, yakni melihat respon anak selama pembelajaran, mengamati dan mencatat perilaku anak, melakukan tanya jawab sebagai timbal balik dari kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan. Kendala yang dialami dalam penanaman nilai agama dan moral anak melalui storytelling di RA Al Fajar Tugu diantaranya Membutuhkan banyak cerita dan alat peraga yang berfariasi yang terkadang sulit didpatkan, membutuhkan suara yang nyaring dan menyita waktu cukup banyak, untuk hasil dari penanaman nilai agama dan moral anak usia dini melalui metode storytelling di RA AL FajarTugu adalah nilai keimanan dikenalkan melalui ciptaan Alloh, kegiatan ibadah, prilaku yang baik dan santun sebagai cerminan ahlak mulia, psikologis anak yang merasa senang dan sangat gembira.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 17206163069 LILIS SUHERIN |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 02:43 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 02:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/18066 |
Actions (login required)
View Item |